dc.description.abstract |
MAULIDIYATURRAHMAH. Penerapan Strategi Make A Match Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas
IV di MIN 1 Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Hasil belajar
peserta didik sebelum menerapkan strategi make a match. (2) Langkah
langkah penerapan strategi make a match untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik. (3) Hasil belajar peserta didik setelah menerapkan strategi
make a match. (4) Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah
menerapkan strategi make a match.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model
Kurt Lewin. Penelitian dilaksanakan pada semester II dalam dua siklus.
Subjek penelitian ini peserta didik kelas IVC MIN I Pontianak. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi.
Sedangkan alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi,
lembar soal dan kamera digital/HP. Sumber data dalam penelitian ini adalah
peserta didik dan guru. Analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil
belajar sebelum menerapkan strategi make a match yaitu terdapat rata-rata
64,88 dan 49% atau 21 orang peserta didik yang tuntas, 2) Penelitian ini
dilakukan dua siklus. Pada siklus I kelebihannya adalah guru sudah cukup
maksimal dalam menerapkan langkah-langkah strategi make a match.
Sedangkan kekurangan pada siklus I adalah guru dalam membagi alokasi
waktu belum maksimal. Pada siklus II kegiatan guru sudah meningkat dan
sangat baik dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan, 3) Hasil
belajar setelah menerapkan strategi make a match pada siklus I adalah 65%
atau 28 peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan dengan nilai rata-rata
73,72, dan siklus II adalah 86% atau 37 peserta didik yang mencapai
ketuntasan dengan nilai rata-rata 85,35, 4) Terdapat peningkatan hasil
belajar peserta didik setelah menerapkan strategi make a match dengan
presentase ketuntasan dari 49% menjadi 86% dengan nilai rata-rata sebelum
menerapkan strategi make a match yaitu 64,88 naik menjadi 85,35.
Keberhasilan di atas dapat membuktikan hipotesis, bahwa penerapan
strategi make a match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran IPS kelas IV di MIN 1 Pontianak. |
en_US |