Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di MIN 1 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Maulidiyaturrahmah, Maulidiyaturrahmah
dc.date.accessioned 2025-06-26T02:32:50Z
dc.date.available 2025-06-26T02:32:50Z
dc.date.issued 2024-04-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6621
dc.description.abstract MAULIDIYATURRAHMAH. Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di MIN 1 Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan strategi make a match. (2) Langkah langkah penerapan strategi make a match untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. (3) Hasil belajar peserta didik setelah menerapkan strategi make a match. (4) Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan strategi make a match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin. Penelitian dilaksanakan pada semester II dalam dua siklus. Subjek penelitian ini peserta didik kelas IVC MIN I Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar soal dan kamera digital/HP. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar sebelum menerapkan strategi make a match yaitu terdapat rata-rata 64,88 dan 49% atau 21 orang peserta didik yang tuntas, 2) Penelitian ini dilakukan dua siklus. Pada siklus I kelebihannya adalah guru sudah cukup maksimal dalam menerapkan langkah-langkah strategi make a match. Sedangkan kekurangan pada siklus I adalah guru dalam membagi alokasi waktu belum maksimal. Pada siklus II kegiatan guru sudah meningkat dan sangat baik dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan, 3) Hasil belajar setelah menerapkan strategi make a match pada siklus I adalah 65% atau 28 peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan dengan nilai rata-rata 73,72, dan siklus II adalah 86% atau 37 peserta didik yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 85,35, 4) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan strategi make a match dengan presentase ketuntasan dari 49% menjadi 86% dengan nilai rata-rata sebelum menerapkan strategi make a match yaitu 64,88 naik menjadi 85,35. Keberhasilan di atas dapat membuktikan hipotesis, bahwa penerapan strategi make a match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IV di MIN 1 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi make a match en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.title Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di MIN 1 Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account