Abstract:
Anindia Pramesti Kartika Sari (2024) Implementasi Strategi Pemasaran Produk
Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Kripik Pisang Bangsal Kecamatan
Anjongan Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Kegiatan bisnis adalah upaya untuk
meningkatkan kekuatan dan tingkat kehidupan masyarakat, karena dengan
bertambahnya percepatan pertumbuhan ekonomi kebutuhan masyarakat dapat
terpenuhi . Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat maka diperlukan lapangan
pekerjaan yang mampu memanfaatkan kekayaan alam. Tujuan penelitian ini adalah
Untuk menentukan strategi pemasaran yang paling tepat untuk memasarkan kripik
pisang bangsal di kecamatan Anjongan. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi
oleh pabrik kripik pisang bangsal di kecamatan Anjongan. Untuk mengetahui solusi
pabrik kripik pisang bangsal agar mampu mempertahankan bisnisnya.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif berbentuk
deskriptif .Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
obsrvasi langsung, wawacara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan teknik Reduksi Data ( Data Reduction ), Penyajian
Data ( Data Display,) penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dari penelitian
ini yaitu Triangulasi.Hasil penelitian ini menyimpulkan bawah Pabrik Kripik Pisang Bangsal
menerapkan strategi pemasaran 4P (produk, harga, tempat, promosi). Diversifikasi
produk dan inovasi kemasan meningkatkan daya tarik, sementara strategi harga
penetrasi menarik pelanggan baru. Distribusi dilakukan melalui pasar tradisional,
toko oleh-oleh, dan platform online. Promosi masih perlu diperkuat, terutama dalam
pemasaran digital.Kendala utama meliputi minimnya pemanfaatan teknologi,
promosi yang belum optimal, dan keterbatasan sumber daya. Solusi yang
disarankan adalah digitalisasi pemasaran, penguatan strategi promosi, serta
peningkatan manajemen SDM dan keuangan untuk menjaga daya saing.