Abstract:
Hindun, 11811255. Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Crossword
Puzzle dan Strategi Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran
Fiqih Materi Haji Kelas V MI Miftahul Ulum Desa Limbung Tahun Ajaran
2023/2024; Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang belum
mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Fiqih pada
materi Haji kelas V di MI Miftahul Ulum Desa Limbung. Oleh sebab itu, maka
tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik
kelas V dengan menggunakan strateg crossword puzzle pada materi ibadah haji; 2)
Hasil belajar peserta didik kelas V dengan menggunakan strategi index card
match pada materi haji; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik kelas V antara
yang menggunakan strategi crossword puzzle dengan yang menggunakan strategi
index card match pada materi ibadah haji.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest
comparison group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok dengan
kelas eksperimen pertama yaitu kelas VA yang akan diberi perlakuan
menggunakan strategi index card match dan kelas eksperimen kedua yaitu kelas
VB diberi perlakuan menggunakan strategi crossword puzzle. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang terdiri dari 27 orang yang
sekaligus menjadi sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes (pretest dan posttest), dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen meliputi uji
validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji
homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: 1)
Hasil belajar peserta didik kelas V dengan menggunakan strategi pembelajaran
crossword puzzle pada materi ibadah haji pada pretest memiliki nilai rata-rata
sebesar 59,41 sedangkan pada post-test memiliki nilai rata-rata sebesar 69,83; 2)
Hasil belajar peserta didik kelas V dengan menggunakan strategi pembelajaran
index card match pada materi ibadah haji pada pretest memiliki nilai rata-rata
sebesar 59,47 sedangkan pada post-test memiliki nilai rata-rata sebesar 78,20;
3)Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas V antara yang
menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle dan strategi index card
match pada materi ibadah haji. Hal ini ditunjukkan hasil dari uji independent
sample t-test dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (thitung>ttabel) dengan nilai
thitung sebesar 2,116, sedangkan nilai ttabel sebesar 2,060, maka Ha diterima dan H0
ditolak. Berdasarkan perbedaan kedua strategi diketahui bahwa strategi index card
match lebih unggul dari strategi crossword puzzle.