Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle dan Strategi Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Haji Kelas V MI Miftahul Ulum Desa Limbung Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nugraha, Muhamad Tisna
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.author Hindun, Hindun
dc.date.accessioned 2025-06-24T07:52:12Z
dc.date.available 2025-06-24T07:52:12Z
dc.date.issued 2023-11-13
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6600
dc.description.abstract Hindun, 11811255. Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle dan Strategi Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Haji Kelas V MI Miftahul Ulum Desa Limbung Tahun Ajaran 2023/2024; Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Fiqih pada materi Haji kelas V di MI Miftahul Ulum Desa Limbung. Oleh sebab itu, maka tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik kelas V dengan menggunakan strateg crossword puzzle pada materi ibadah haji; 2) Hasil belajar peserta didik kelas V dengan menggunakan strategi index card match pada materi haji; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik kelas V antara yang menggunakan strategi crossword puzzle dengan yang menggunakan strategi index card match pada materi ibadah haji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest comparison group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok dengan kelas eksperimen pertama yaitu kelas VA yang akan diberi perlakuan menggunakan strategi index card match dan kelas eksperimen kedua yaitu kelas VB diberi perlakuan menggunakan strategi crossword puzzle. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang terdiri dari 27 orang yang sekaligus menjadi sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: 1) Hasil belajar peserta didik kelas V dengan menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle pada materi ibadah haji pada pretest memiliki nilai rata-rata sebesar 59,41 sedangkan pada post-test memiliki nilai rata-rata sebesar 69,83; 2) Hasil belajar peserta didik kelas V dengan menggunakan strategi pembelajaran index card match pada materi ibadah haji pada pretest memiliki nilai rata-rata sebesar 59,47 sedangkan pada post-test memiliki nilai rata-rata sebesar 78,20; 3)Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas V antara yang menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle dan strategi index card match pada materi ibadah haji. Hal ini ditunjukkan hasil dari uji independent sample t-test dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (thitung>ttabel) dengan nilai thitung sebesar 2,116, sedangkan nilai ttabel sebesar 2,060, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan perbedaan kedua strategi diketahui bahwa strategi index card match lebih unggul dari strategi crossword puzzle. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Materi Haji en_US
dc.subject Crossword Puzzle en_US
dc.subject Index Card Match en_US
dc.title Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle dan Strategi Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Haji Kelas V MI Miftahul Ulum Desa Limbung Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account