Abstract:
Penggunaan Media Videoscribe untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PKN Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD IT Haruniyah Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2020. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas belajar peserta didik dan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu menggunakan buku cetak dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan media videoscribe pada mata pelajaran pkn tema 7 indahnya keragaman di negeriku; (2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media videoscribe pada mata pelajaran pkn tema 7 indahnya keragaman di negeriku; (3) aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan media videoscribe pada mata pelajaran pkn tema 7 indahnya keragaman di negeriku; 4) ada tidaknya peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pkn tema 7 indahnya keragaman di negeriku menggunakan media videoscribe. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Recearch). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas IV A SD IT Haruniyah Pontianak yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, dan teknik dokumentasi. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif persentase yang digunakan untuk menganalisis data yang berbentuk kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan media videoscribe diperoleh rata-rata pra siklus sebesar 11,15 dengan persentase 39,82 %. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media videoscribe telah sesuai dengan langkah-langkah penggunaan media videosribe. (3) Aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan media videoscribe memperoleh persentase pada siklus I sebesar 63,28% dan pada siklus II sebesar 85,78%. (4) Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan media videoscribe sebesar 45,96%.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, PKn, Media Videoscribe, Penelitian Tindakan Kelas.