Abstract:
ROCY WAHYUDI, Aktivitas Menghafal Surah Pendek Al-Quran Pada Siswa
Di TPQ Al-Burairah Desa Sungai Ayak Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten
Sekadau Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama
Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023.
Menghafal al-Qur’an merupakan usaha yang dapat dilakukan dalam rangka
menjaga kemutawatiran al-Qur’an yang dapat dimulai sejak usia dini melalui berbagai
metode yang relevan sesuai kebutuhan Taman Pendidikan Al-Qur’an setempat. Salah
satu metodenya dengan menghafal surah pendek al-Qur’an (juz ‘amma).Adapun TPQ
AlBurairoh merupakan salah satu Taman Pendidikan Al-Qur’an yang menerapkan
dalam menghafal surat pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
dari Aktivitas Menghafal Surah Pendek Al-Qur’an Pada Siswa Di TPQ Al-Burairoh
Desa Sungai Ayak Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau.
Penelitian
ini
menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif
untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus masalah. Sumber data
penelitian ini adalah Kepala TPQ dan Guru TPQ Al-Burairoh Desa Sungai Ayak
Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
metode deskriptif model Miles dan Huberman dengan reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini yaitu (1) aktivitas peserta didik dalam menghafal surah
pendek Al-quran di TPQ Al-burairah, meliputi 3 kegiatan, yaitu: (a) Pembukaan
dengan membaca do’a dan al-fatihah bersama, (b) Inti pelaksanaan mencangkup
muroja’aah, hafalan dan setoran, (c) Penutup. (2) persiapan guru dalam mengajar
menghafal surah pendek Al-quran di TPQ Al-burairah memberikan pengaruh dalam
meningkatkan hafalan surah pendek pada anak di TPQ AlBuroiroh yaitu peserta didik
telah mampu mencapai target hafalan yang telah diprogramkan di sekolah, serta
mampu menghafal al-Qur’an sesuai makhraj dan tajwidnya. (3) evaluasi dalam
aktivitas menghafal surah pendek Al-quran di TPQ Al-burairah yaitu meliputi faktor
pendukung dalam menghafal surah pendek yaitu: Metode, sarana dan prasarana, target,
pengajar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kemampuan peserta didik, terdapat
ayat serupa tapi tidak sama, lingkungan dan orang tua.