Aktivitas Menghafal Surah Pendek Al-Quran Pada Siswa Di Tpq Al-Burairah Desa Sungai Ayak Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syarif, Syarif
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.author Wahyudi, Rocy
dc.date.accessioned 2025-06-24T07:44:29Z
dc.date.available 2025-06-24T07:44:29Z
dc.date.issued 2023-11-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6599
dc.description.abstract ROCY WAHYUDI, Aktivitas Menghafal Surah Pendek Al-Quran Pada Siswa Di TPQ Al-Burairah Desa Sungai Ayak Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Menghafal al-Qur’an merupakan usaha yang dapat dilakukan dalam rangka menjaga kemutawatiran al-Qur’an yang dapat dimulai sejak usia dini melalui berbagai metode yang relevan sesuai kebutuhan Taman Pendidikan Al-Qur’an setempat. Salah satu metodenya dengan menghafal surah pendek al-Qur’an (juz ‘amma).Adapun TPQ AlBurairoh merupakan salah satu Taman Pendidikan Al-Qur’an yang menerapkan dalam menghafal surat pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Aktivitas Menghafal Surah Pendek Al-Qur’an Pada Siswa Di TPQ Al-Burairoh Desa Sungai Ayak Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus masalah. Sumber data penelitian ini adalah Kepala TPQ dan Guru TPQ Al-Burairoh Desa Sungai Ayak Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif model Miles dan Huberman dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) aktivitas peserta didik dalam menghafal surah pendek Al-quran di TPQ Al-burairah, meliputi 3 kegiatan, yaitu: (a) Pembukaan dengan membaca do’a dan al-fatihah bersama, (b) Inti pelaksanaan mencangkup muroja’aah, hafalan dan setoran, (c) Penutup. (2) persiapan guru dalam mengajar menghafal surah pendek Al-quran di TPQ Al-burairah memberikan pengaruh dalam meningkatkan hafalan surah pendek pada anak di TPQ AlBuroiroh yaitu peserta didik telah mampu mencapai target hafalan yang telah diprogramkan di sekolah, serta mampu menghafal al-Qur’an sesuai makhraj dan tajwidnya. (3) evaluasi dalam aktivitas menghafal surah pendek Al-quran di TPQ Al-burairah yaitu meliputi faktor pendukung dalam menghafal surah pendek yaitu: Metode, sarana dan prasarana, target, pengajar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kemampuan peserta didik, terdapat ayat serupa tapi tidak sama, lingkungan dan orang tua. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject kemampuan Hafalan en_US
dc.subject Surat Pendek Al-Qur’an en_US
dc.title Aktivitas Menghafal Surah Pendek Al-Quran Pada Siswa Di Tpq Al-Burairah Desa Sungai Ayak Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account