Abstract:
MASTURAH RAHMA (2023), Pengaruh Modul Al-Barqy Terhadap
Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak Pra-Sekolah di Rumah Tahfidz Al
Fattah Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2022-2023, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan (FTIK), Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama
Islam Negri (IAIN) Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan
mendeskripsikan tentang: 1) Pengaruh Modul Al-Barqy di Rumah Tahfidz Al
Fattah Kota Pontianak, 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak Pra
sekolah di Rumah Tahfidz Al-Fattah Kota Pontianak, 3) Pengaruh Modul Al
Barqy terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak Pra-sekolah di Rumah
Tahfidz Al-Fattah Kota Pontianak.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif dan
menggunakan jenis penelitian Expost Facto. Populasi pada penelitian terdiri dari
2 orang guru dan 30 anak di Rumah Tahfidz Al-Fattah, penelitian ini tidak
menarik sampel, karena jumlah populasinya sangat terbatas. Instrumen yang
digunakan adalah observasi, tes keterampilan dan dokumentasi, setelah data
terkumpul, kemudian dianalisa dengan analisis deskriptif dan uji Regresi Linier
Sederhana.
pe i
Hasil penelitian ini dapat peneliti simpulkan sebagai berikut:
1) Pe i
ne i
rapan Modul Al-Barqy di Rui
mah Tahfidz Al-Fattah Kota Pontianak
ditunjukkan dengan skor persentase 100%, artinya Modul i
yang dilaksanakan
“Sangat Se i
sui
ai” de i
ngan tahapan-tahapan pen i
er i
apan yang ada di dalam buk i
ui
doman Al-Barqy. 2) Berdasarkan hasil te i
s ket i
e i
rampilan mem
i
rui
f-hui
rui
hui
baca 30 anak pra-
sekolah di Rumah Tahfidz Al-Fattah yang dikatergorikan menjadi 3 yaitui
: (a)
Me i
lafadzakan hui
rui
f hijaiyah, (b) Men i
gena i
l tanda baca harokat. (c) Mera i
ngkai
f hijaiayah me i
njadi sua i
tui
kalimat, maka hasil dari tes keterampilan
menunjukkan kategori “Sangat terampil”, hal tersebut dapat dilihat dari jawaban
paling banyak responden dalam kategori sangat terampil dengan presentase nilai
skor 95,83%. 3). Beirdasarkan hasil peineilitian data seb i eilum
i
obseirvasi dan data
seisuidah obseirvasi dipeiroleh i bahwa, teirdapat pen i garuih antara Modul Al-Barqy
dan keimampua i n meimbaca Al-Quir’an anak pra-sek i olah di Ruimah Tahfidz
Al-Fattah Kota Pontianak, dapat dilihat dari pengaruh yang signifikan yaitu
sebesar 2,217 yang berarti bahwa nilai thitung 2,217 > ttabel 2,048 dengan tingkat
signifikansi 0,035 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
modul Al-Barqy terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak pra-sekolah di
Rumah Tahfidz Al-Fattah Kota Pontianak.