Pengaruh Modul Al-Barqy Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Pada Anak Pra-Sekolah di Rumah Tahfidz Al-Fattah Pontianak Tahun Pelajaran 2022-2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Norhasanah, S.
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author Rahma, Masturah
dc.date.accessioned 2025-06-23T08:48:02Z
dc.date.available 2025-06-23T08:48:02Z
dc.date.issued 2023-09-27
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6589
dc.description.abstract MASTURAH RAHMA (2023), Pengaruh Modul Al-Barqy Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak Pra-Sekolah di Rumah Tahfidz Al Fattah Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2022-2023, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Pengaruh Modul Al-Barqy di Rumah Tahfidz Al Fattah Kota Pontianak, 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak Pra sekolah di Rumah Tahfidz Al-Fattah Kota Pontianak, 3) Pengaruh Modul Al Barqy terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak Pra-sekolah di Rumah Tahfidz Al-Fattah Kota Pontianak. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian Expost Facto. Populasi pada penelitian terdiri dari 2 orang guru dan 30 anak di Rumah Tahfidz Al-Fattah, penelitian ini tidak menarik sampel, karena jumlah populasinya sangat terbatas. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes keterampilan dan dokumentasi, setelah data terkumpul, kemudian dianalisa dengan analisis deskriptif dan uji Regresi Linier Sederhana. pe i Hasil penelitian ini dapat peneliti simpulkan sebagai berikut: 1) Pe i ne i rapan Modul Al-Barqy di Rui mah Tahfidz Al-Fattah Kota Pontianak ditunjukkan dengan skor persentase 100%, artinya Modul i yang dilaksanakan “Sangat Se i sui ai” de i ngan tahapan-tahapan pen i er i apan yang ada di dalam buk i ui doman Al-Barqy. 2) Berdasarkan hasil te i s ket i e i rampilan mem i rui f-hui rui hui baca 30 anak pra- sekolah di Rumah Tahfidz Al-Fattah yang dikatergorikan menjadi 3 yaitui : (a) Me i lafadzakan hui rui f hijaiyah, (b) Men i gena i l tanda baca harokat. (c) Mera i ngkai f hijaiayah me i njadi sua i tui kalimat, maka hasil dari tes keterampilan menunjukkan kategori “Sangat terampil”, hal tersebut dapat dilihat dari jawaban paling banyak responden dalam kategori sangat terampil dengan presentase nilai skor 95,83%. 3). Beirdasarkan hasil peineilitian data seb i eilum i obseirvasi dan data seisuidah obseirvasi dipeiroleh i bahwa, teirdapat pen i garuih antara Modul Al-Barqy dan keimampua i n meimbaca Al-Quir’an anak pra-sek i olah di Ruimah Tahfidz Al-Fattah Kota Pontianak, dapat dilihat dari pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 2,217 yang berarti bahwa nilai thitung 2,217 > ttabel 2,048 dengan tingkat signifikansi 0,035 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh modul Al-Barqy terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak pra-sekolah di Rumah Tahfidz Al-Fattah Kota Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Modul Al-Barqy en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.subject Anak Pra-Sekolah en_US
dc.title Pengaruh Modul Al-Barqy Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Pada Anak Pra-Sekolah di Rumah Tahfidz Al-Fattah Pontianak Tahun Pelajaran 2022-2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account