Abstract:
Siti Anisa (12103011) “ Implementasi Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah dalam
Strategi Pemasaran Produk pada KSU BMT Basmallah Arraf’ul A’laa” Program Studi
Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2025.
BMT adalah singkatan dari Baitul maal wa tamwil, yang merupakan lembaga keuangan
syariah di Indonesia. BMT menggunakan pemasaran untuk meningkatkan penjualan barang
atau jasa. BMT ini merupakan salah satu altenatif pengembangan ekonomi masyarakat
sehingga perlu dikembangkan sebagai salah satu lembaga perekonomian rakyat. penelitian ini
bertujuan untuk 1). strategi pemasaran produk pada BMT Basmallah Arraf’ul A’laa. 2).
Prinsip-prinsip ekonomi syariah dalam strategi pemasaran produk di BMT Basmallah Arraf’ul
A’laa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat
deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder, selain itu metode pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. dan metode
analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, trigulasi dan informasi
dilapangan.
Bedasarkan hasil penelitian 1).strategi pemasaran yang di lakukan oleh BMT
Basmallah menggunakan bauran pemasaran yang terdiri dari produk, tempat, harga, promosi,
stretegi pemasaran pada produk ditunjukan dengan adanya produk yaitu produk simpanan
mudharabah, simpanan pendidikan, simpanan hari raya, simpanan qurban/aqiqah, simpanan
haji/umroh. ada pun penyaluran dana. seperti, pembiayaan murabahah (jual beli), mudharabah
(bagi hasil), ijarah (sewa menyewa), dan qordhu hasan. Untuk Penetapan harga disesuaikan
dengan harga pasar di sekitar BMT Basmallah Arraf’ul A’laa. Dalam Strategi tempat dilakukan
dengan memilih lokasi yang terjangkau dan dekat dengan pemukiman warga. Sementara
strategi promosi yang dilakukan adalah menghadiri majlis taklim, atau lembaga-lembaga
formal baik presentase langsung maupun melalui surat, adapun dari nasabah memberitauh
kepada masyarakat terkait BMT Basmallah dan periklanan seperti penyebaran brosur.
2).strategi pemasaran yang di lakukan oleh BMT Basmallah Arraf’ul A’laa dengan prinsip
ekonomi Syariah yaitu: prinsip keadilan, kejujuran, amanah, tolong-menolong. Ditunjukan
dengan adanya, prinsip keadilan memberikan kesempatan yang sama kepada semua nasabah
untuk pelayanan dan tidak membeda – bedakan, Adapun prinsip kejujuran dalam menawarkan
produk -produk sangat terbuka tidak ada yang di tutup tutupi dalam mempromosikan iklan,
adapun prinsip amanah dalam pemasaran menjamin keamanan dan kerahasian data
nasabahnya, adapun tolong menolong dalam pemasaran dan pelayanan saling membantu satu
sama lain (saling menguntungkan)