IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP EKONOMI SYARIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK PADA KSU BMT BASMALLAH ARRAF’UL A’LAA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kalbarini, Rahma Yulisa
dc.contributor.advisor Gunawan, M. Wawan
dc.contributor.advisor Ariza, Anggatia
dc.contributor.advisor Bilhaq, M.Agus Muhtadi
dc.contributor.author Anisa, Siti
dc.date.accessioned 2025-06-16T00:57:21Z
dc.date.available 2025-06-16T00:57:21Z
dc.date.issued 2025-05-21
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6535
dc.description.abstract Siti Anisa (12103011) “ Implementasi Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah dalam Strategi Pemasaran Produk pada KSU BMT Basmallah Arraf’ul A’laa” Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. BMT adalah singkatan dari Baitul maal wa tamwil, yang merupakan lembaga keuangan syariah di Indonesia. BMT menggunakan pemasaran untuk meningkatkan penjualan barang atau jasa. BMT ini merupakan salah satu altenatif pengembangan ekonomi masyarakat sehingga perlu dikembangkan sebagai salah satu lembaga perekonomian rakyat. penelitian ini bertujuan untuk 1). strategi pemasaran produk pada BMT Basmallah Arraf’ul A’laa. 2). Prinsip-prinsip ekonomi syariah dalam strategi pemasaran produk di BMT Basmallah Arraf’ul A’laa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder, selain itu metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. dan metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, trigulasi dan informasi dilapangan. Bedasarkan hasil penelitian 1).strategi pemasaran yang di lakukan oleh BMT Basmallah menggunakan bauran pemasaran yang terdiri dari produk, tempat, harga, promosi, stretegi pemasaran pada produk ditunjukan dengan adanya produk yaitu produk simpanan mudharabah, simpanan pendidikan, simpanan hari raya, simpanan qurban/aqiqah, simpanan haji/umroh. ada pun penyaluran dana. seperti, pembiayaan murabahah (jual beli), mudharabah (bagi hasil), ijarah (sewa menyewa), dan qordhu hasan. Untuk Penetapan harga disesuaikan dengan harga pasar di sekitar BMT Basmallah Arraf’ul A’laa. Dalam Strategi tempat dilakukan dengan memilih lokasi yang terjangkau dan dekat dengan pemukiman warga. Sementara strategi promosi yang dilakukan adalah menghadiri majlis taklim, atau lembaga-lembaga formal baik presentase langsung maupun melalui surat, adapun dari nasabah memberitauh kepada masyarakat terkait BMT Basmallah dan periklanan seperti penyebaran brosur. 2).strategi pemasaran yang di lakukan oleh BMT Basmallah Arraf’ul A’laa dengan prinsip ekonomi Syariah yaitu: prinsip keadilan, kejujuran, amanah, tolong-menolong. Ditunjukan dengan adanya, prinsip keadilan memberikan kesempatan yang sama kepada semua nasabah untuk pelayanan dan tidak membeda – bedakan, Adapun prinsip kejujuran dalam menawarkan produk -produk sangat terbuka tidak ada yang di tutup tutupi dalam mempromosikan iklan, adapun prinsip amanah dalam pemasaran menjamin keamanan dan kerahasian data nasabahnya, adapun tolong menolong dalam pemasaran dan pelayanan saling membantu satu sama lain (saling menguntungkan) en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject BMT en_US
dc.subject Prinsip-prinsip ekonomi syari'ah en_US
dc.subject Pemasaran en_US
dc.title IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP EKONOMI SYARIAH DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK PADA KSU BMT BASMALLAH ARRAF’UL A’LAA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account