Abstract:
BASRI. Manajemen Pelayanan Umrah Pada PT. Armina Mabror Kota
Blitar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025. Skripsi.
Dilatar belakang oleh Travel PT. Armina Mabror Kota Blitar dalam segi
pelayanan, telah menyita perhatian Masyarakat kota Blitar Pada Khususnya dan
Masyarakat Jawa Timur pada umumnya. Berdasarkan fakta ini penelitian bertujuan
untuk mengetahui: (1) Bagaimana Proses Pelayanan Umrah yang diberikan oleh
PT. Armina Mabror Kota Blitar pada jamaah. (2) Bagaimana Faktor pendukung
pelayanan jamaah umrah PT. Armina Mabror Kota Blitar. (3) Bagaimana Faktor
penghambat pelayanan jamaah umrah PT. Armina Mabror kota Blitar.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil tempat di
PT. Armina Mabror kota Blitar. Data-data dalam penelitian diperoleh melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data.
Proses pelayanan yang diberikan oleh PT. Armina Mabror kota Blitar
meliputi: (1) Administrasi dengan pelayanan professional. Persiapan dan proses
manasik terstruktur dengan sangat baik. Tersedia fasilitas yang memadai dan sangat
aman. Dipersiapkan akomodasi dengan fasilitas aman dan nyaman. Pelayanan
konsumsi yang sesuai dengan jamaah Indonesia. Pelayanan Kesehatan jamaah yang
diutamakan dengan baik. Tujuan agar jamah dapat berangkat umrah dengan merasa
nyaman dan terfasilitasi dengan sempurna. Faktot pendukung pelayan PT. Armina
Mabror kota Blitar. (2) letak tempat PT. Armina Mabror Kota Blitar yang mudah
terjangkau. Dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai. Memiliki link dan
kerja sama yang luas. Jamaah sangat senang karena direktur kantor turun langsung
sebagai muthawwif. Faktor penghambat pelayanan PT. Armina Mabror kota Blitar.
(3) pemesanan barang yang untuk digunakan oleh jamaah yang tidak tepat waktu
hingga terjadi keterlambatan. Visa yang pernah terjadi terlambat keluar dari
kedutaan Arab Saudi. Pernah bermasalah dengan tiket pesawat sehingga harus
menunda penerbangan. Untuk mengatasi PT. Armina Mabror kota Blitar
memperbaiki dan memesan barang yang diperlukan pada jauh-jauh hari.