Penerapan Strategi Jigsaw Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Peserta Didik Kelas V Menentukan Ide Pokok Paragraf di SD Negeri 38 Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Sulaiman, Sulaiman
dc.contributor.author Aulia, Berliana
dc.date.accessioned 2025-06-11T07:38:29Z
dc.date.available 2025-06-11T07:38:29Z
dc.date.issued 2023-07-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6527
dc.description.abstract Berliana Aulia, 2023. Penerapan Strategi Jigsaw Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Peserta Didik Kelas V Menentukan Ide Pokok Paragraf di SD Negeri 38 Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkap : 1) Kemampuan peserta didik dalam menentukan ide pokok paragraf sebelum diterapkan strategi jigsaw berbantuan media video animasi di kelas V. 2) Langkah-langkah penerapan strategi jigsaw berbantuan media video animasi terhadap kemampuan peserta didik kelas V menentukan ide pokok paragraf 3) Kemampuan peserta didik dalam menentukan ide pokok paragraf sesudah diterapkan strategi jigsaw berbantuan media video animasi kelas V. 4) Peningkatan kemampuan peserta didik dalam menentukan ide pokok paragraf sebelum dan sesudah diterapkan strategi jigsaw berbantuan media video animasi kelas V. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 38 Sungai Raya dengan peserta didik berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes,observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam penerapan strategi jigsaw berbantuan media video animasi terhadap kemampuan peserta didik dalam menentukan ide pokok paragraf kelas V di SD Negeri 38 Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini di buktikan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 65. Pada pra tindakan ketuntasan klasikal peserta didik hanya mencapai 32% atau 8 orang peserta didik yang tuntas, kemudian pada siklus I peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 12 orang atau ketuntasan klasikal mencapai 48%. Pada siklus II ketuntasan peserta didik makin meningkat hingga mencapai 21 peserta didik dengan ketuntasan klasikal 84% atau kata lain telah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi jigsaw berbantuan media video animasi dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menentukan ide pokok paragraf kelas V di SD Negeri 38 Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Ide Pokok Paragraf en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject Media Video Animasi en_US
dc.subject Strategi Jigsaw en_US
dc.title Penerapan Strategi Jigsaw Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Peserta Didik Kelas V Menentukan Ide Pokok Paragraf di SD Negeri 38 Sungai Raya Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account