PENGARUH MEDIA PAPAN PERJALANAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI OPERASI BILANGAN BULAT DI MIS ISLAMIYAH SANGGAU LEDO TAHUN AJARAN 2025/2026

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.author SARI, DIAN MAYA
dc.date.accessioned 2025-06-11T07:09:30Z
dc.date.available 2025-06-11T07:09:30Z
dc.date.issued 2025-05-19
dc.identifier.citation APA(American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6525
dc.description.abstract DIAN MAYA SARI, Pengaruh Media Papan Perjalanan Berbaisi Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Bilangan Bulat: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Hasil belajar peserta didik peserta didik kelas kontrol pada materi operasi bilangan bulat di MIS Islamiyah Sanggau Ledo Tahun Ajaran 2025/2026. 2) Hasil belajar peserta didik peserta didik kelas Ekperimen pada materi operasi bilangan bulat di MIS Islamiyah Sanggau Ledo Tahun Ajaran 2025/2026. 3) Langkah – langkah pengunaan media papan perjalanan bebasis kearifan lokal di MIS Islamiyah Sanggau Ledo Tahun Ajaran 2025/2026. 4) Pengaruh penggunaan media papan perjalanan berbasisi kearifan lokal terhadap hasil belajar peserta didik di MIS Islamiyah Sanggau Ledo Tahun Ajaran 2025/2026. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi experimental. Desain penelitian yang digunakan ialah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VI MIS Islamiyah Sanggau Ledo Tahun Ajaran 2025/2026 yang berjumlah 40 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu, 20 peserta didik kelas VI B sebagai kelas eksperimen dan 20 peserta didik kelas VI A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda berupa soal pretest-posttest dan observasi penggunaan media papan perjalanan berbasis kearifan lokal guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik peserta didik kelas kontrol pada materi operasi bilangan bulat masih tergolong rendah, dengan nilai rata - rata pre test 35,00 sebesar dan nilai rata – rata post test sebesar 62,50. 2) Hasil belajar peserta didik peserta didik kelas eksperimen pada materi operasi bilangan bulat adanya peningkatan, dengan nilai rata - rata pre test 34,50 sebesar dan nilai rata – rata post test sebesar 88,00. 3) Langkah – langkah pengunaan media papan perjalanan bebasis kearifan lokal di MIS Islamiyah Sanggau Ledo Tahun Ajaran 2025/2026 sudah dilaksanakan dengan baik berdasarkan hasil observasi aktivitas kegiatan penggunaan media papan perjalanan berbasis kearifan lokal sebesar 80%. 4) Terdapat pengaruh penggunaan media papan perjalanan berbasis kearifan lokal materi operasi bilangan bulat terhadap hasil belajar peserta didik di MIS Islamiyah Sanggau Ledo Tahun Ajaran 2025/2026. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis dari tabel uji mann whitney diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang mengartikan bahwa 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Papan perjalanan en_US
dc.subject Kearifan Lokal en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MEDIA PAPAN PERJALANAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI OPERASI BILANGAN BULAT DI MIS ISLAMIYAH SANGGAU LEDO TAHUN AJARAN 2025/2026 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account