Hubungan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Tema 3 Makanan Sehat Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Nurjanah, Lutfiana
dc.date.accessioned 2025-06-11T01:45:56Z
dc.date.available 2025-06-11T01:45:56Z
dc.date.issued 2023-06-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6516
dc.description.abstract LUTFIANA NURJANAH, Hubungan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Tema 3 Makanan Sehat Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat pembelajaran dalam jaringan selama pandemi dilakukan secara online melalui google meet selama 30 menit untuk 1 pembelajaran. Kurangnya Alokasi waktu dalam penyampaian materi sehingga penjelasan kurang dapat disampaikan dengan baik kepada peserta didik sehingga guru menggunakan aplikasi google classroom. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan tingkat pengunaan aplikasi google classroom dalam pembelajaran tematik tema 3 makanan sehat, (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik menggunakan google classroom dalam pembelajaran tematik tema 3 makanan sehat, dan (3) Untuk mengetahui hubungan penggunaan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 3 makanan sehat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak lima kelas dengan jumlah 164 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak satu kelas yaitu kelas VB Abdullah Bin Abbas R.A. yang berjumlah 35 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa lembar angket, dokumentasi, dan pedoman wawancara untuk melengkapi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tingkat penggunaan aplikasi google classroom dalam pembelajaran tematik tema 3 makanan sehat pada kategori tinggi sebesar 8,6%, sedang sebesar 51,4%, rendah sebesar 31,4%, dan sangat rendah sebesar 8,6%. (2) Hasil belajar peserta didik menggunakan aplikasi google classroom dalam pembelajaran tematik tema 3 makanan belajar sebagian besar peserta didik memenuhi standar KKM yaitu 75 sebesar 71,4% dengan jumlah 25 peserta didik. Sedangkan peserta didik yang belum memenuhi KKM sebesar 28,6% dengan jumlah 10 peserta didik. (3) Tidak terdapat hubungan antara penggunaan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 3 makanan sehat kelas kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak tahun pelajaran 2021/2022. Hasil tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi yang diperoleh lebih kecil dari r tabel yaitu 0,110 < 0,334 dan nilai signifikansi lebih besar dari nilai signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,529 > 0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Aplikasi Google Classroom en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Hubungan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Tema 3 Makanan Sehat Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account