Abstract:
IKBAL ROMADON. Upaya Madrasah Dalam Meningkatkan Disiplin
Siswa: Studi di MTs Al Hikmah Kabupaten Landak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institute Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak,2023.
Penelitian dengan judul: “Upaya Madrasah Dalam Meningkatkan Disiplin
Siswa: Studi di MTs Al Hikmah Kab. Landak: Memiliki sebuah tujuan untuk
mengetahui bagaimana upaya madrasah dalam meningkatkan disiplin siswa, dan
faktor-faktor pendukung dan penghambat kedisplinan siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penulis menggunakan
deskriptif merupakan bagian dari strategi penelitian untuk mendapatkan data yang
valid. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa: Observasi, wawancara
dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa:
kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Sedangkan teknik
keabsahan data berupa triangulasi.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa:
Pertama, upaya madrasah dalam meningkatkan disiplin siswa dengan cara
melakukan kerja sama dengan guru atau stakeholder, memberikan nasehat, dan
arahan tentang urgensi kedisiplinan, melakukan pengawasan, melakukan sosialisasi
aturan sekolah atau tata tertib, dan memberikan sanksi. Kedua, faktor yang menjadi
pendukung madrasah dalam meningkatkan disiplin siswa adalah, kesadaran diri,
pengikutan dan ketaatan seta lingkungan. Sedangkan faktor penghambat
kurangnya, kurangnya laihan secara individu dan kurangnya motivasi diri.