Abstract:
Khoirul Mullah, Sejarah dan Perkembangan Masjid Ismuhu Yahya
Sebagai Lembaga Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak, 2025 M/ 1446 H.
Penelitian ini termotivasi oleh rasa ingin tahu peneliti terhadap sejarah dan
perkembangan masjid Ismuhu Yahya sebagai lembaga pendidikan Islam.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan faktor-faktor terbentuknya
lembaga pendidikan Islam di masjid Ismuhu Yahya berawal dari kegelisahan Kyai
Adi Pratama Larisindo dan Ustadz Kiki Supardi karena masih banyak masyarakat
Muslim yang tidak bisa membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk
mencari tahu tentang 1) Sejarah Masjid Ismuhu Yahya Sebagai Lembaga
Pendidikan Islam, 2) Perkembangan Masjid Ismuhu Yahya Sebagai Lembaga
Pendidikan Islam, 3) Program pendidikan Islam yang dilaksanakan di Masjid
Ismuhu Yahya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan. Teknik pengumpulan data dengan heuristik (observasi, wawancara dan
dokumentasi), verifikasi (kritik sumber), interpretasi, dan historiografi. Teknik
analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan
perpanjangan pengamatan, triangulasi, member check.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) sejarah masjid
sebagai lembaga pendidikan Islam dimulai dari kegelisahan masih banyak
masyarakat Muslim yang tidak bisa membaca Al-Qur‟an. 2) Perkembangan
Masjid meliputi perkembangan program pendidikan, sarana dan prasarana,
pendidik, peserta didik/ jama‟ah, pembiayaan, 3) Program pendidikan Islam
terdiri dari pondok Qur‟an, rumah Qur‟an center, Kuttab, Intensif Qur‟an, Taman
Qur‟an, Universitas Masajidallah Indonesia