Abstract:
MARJAN (2025). Problematika Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam
Pembelajaran Kelas VII MTs Al- Hikmah Kebupaten Landak: Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025.
Penelitian dengan judul: “Problematika Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam
Pembelajaran Kelas VII MTs Al- Hikmah Kebupaten Landak”: Memiliki sebuah
tujuan untuk bagaimana problematika guru dalam penguasaan Materi
pembelajaran, penggunaan Media dan penerapan Strategi Inkuiri dalam
pelaksanakan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Al-Hikmah
Kebupaten Landak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penulis
menggunakan deskriptif merupakan bagian dari strategi penelitian untuk
mendapatkan data yang valid. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa:
Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan berupa: Kondensasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Simpulan.
Sedangkan teknik keabsahan data berupa Triangulasi.
Berdasarkan analisi yang dilakukan, maka peneliti menimpulkan bahwa;
1. Terkait penguasaaan materi oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam itu sendiri
terbilang sudah menguasai materi yang diajarkan kepada setiap siswanya.
Hanya saja dalam kegiatan pembelajaran guru masih belum dapat menyusun
RPP dan juga Silabus materi ajar kelas VII MTs Al Hikmah. Berdasarkan isi
terkait Undang- Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 10
ayat :1 juga masih belum sepenuhnya dimiliki oleh seorang guru saat
memberikan pengajaran di VII MTs Al Hikmah secara maksimal.
2. Terkait dengan problematiaka yang di hadapi dalam penggunaan media
pembelajaran adalah sebagai berikut:
a) Guru masih belum bisa menggunakan media dengan baik. Sehingga hasil
yang didapatkan dalam kegiatan proses ngajar_mengar didalam kelas VII
MTs Al Hikmah, guru tidak sepenuhnya mendapatkan perhatian yang
lebih dari peserta didik dalam kegiatan proses ngajar_belajar.
b) Pemanfaatan waktu yang kurang efektif dan efisien
3. Problematika dalam penerapan Strategi Inkuiri pada pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al Hikmah adalah:
a) Kurangnya motivasi yang guru dapatkan dalam menerapkan Strategi
Inkuiri secara aktif juga kurangnya pendekatan yang guru berikan terhadap
siswa kelas VII MTs Al Hikmah
b) Guru masih belum mampu mengelola kelas dengan baik
c) Kurangnya kemampuan siswa untuk berfikir kritis terkait materi yang
sedang dipelajari.