PROBLEMATIKA GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN KELAS VII MTs AL- HIKMAH KEBUPATEN LANDAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor
dc.contributor.author Marjan, Marjan
dc.date.accessioned 2025-06-10T01:05:38Z
dc.date.available 2025-06-10T01:05:38Z
dc.date.issued 2025-05-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6502
dc.description.abstract MARJAN (2025). Problematika Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Pembelajaran Kelas VII MTs Al- Hikmah Kebupaten Landak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025. Penelitian dengan judul: “Problematika Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Pembelajaran Kelas VII MTs Al- Hikmah Kebupaten Landak”: Memiliki sebuah tujuan untuk bagaimana problematika guru dalam penguasaan Materi pembelajaran, penggunaan Media dan penerapan Strategi Inkuiri dalam pelaksanakan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Al-Hikmah Kebupaten Landak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penulis menggunakan deskriptif merupakan bagian dari strategi penelitian untuk mendapatkan data yang valid. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa: Kondensasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Simpulan. Sedangkan teknik keabsahan data berupa Triangulasi. Berdasarkan analisi yang dilakukan, maka peneliti menimpulkan bahwa; 1. Terkait penguasaaan materi oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam itu sendiri terbilang sudah menguasai materi yang diajarkan kepada setiap siswanya. Hanya saja dalam kegiatan pembelajaran guru masih belum dapat menyusun RPP dan juga Silabus materi ajar kelas VII MTs Al Hikmah. Berdasarkan isi terkait Undang- Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 10 ayat :1 juga masih belum sepenuhnya dimiliki oleh seorang guru saat memberikan pengajaran di VII MTs Al Hikmah secara maksimal. 2. Terkait dengan problematiaka yang di hadapi dalam penggunaan media pembelajaran adalah sebagai berikut: a) Guru masih belum bisa menggunakan media dengan baik. Sehingga hasil yang didapatkan dalam kegiatan proses ngajar_mengar didalam kelas VII MTs Al Hikmah, guru tidak sepenuhnya mendapatkan perhatian yang lebih dari peserta didik dalam kegiatan proses ngajar_belajar. b) Pemanfaatan waktu yang kurang efektif dan efisien 3. Problematika dalam penerapan Strategi Inkuiri pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al Hikmah adalah: a) Kurangnya motivasi yang guru dapatkan dalam menerapkan Strategi Inkuiri secara aktif juga kurangnya pendekatan yang guru berikan terhadap siswa kelas VII MTs Al Hikmah b) Guru masih belum mampu mengelola kelas dengan baik c) Kurangnya kemampuan siswa untuk berfikir kritis terkait materi yang sedang dipelajari. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Problematika en_US
dc.subject Guru Sejarah Kebudayaan Islam en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.title PROBLEMATIKA GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN KELAS VII MTs AL- HIKMAH KEBUPATEN LANDAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account