Abstract:
NOVAL ARRAPI. Penerapan Promosi Media Sosial (Facebook
Dan Instragram) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Perumahan Di PT.
Putra Kalma Raya Desa Kapur Kab. Kubu Raya: Program Studi Manajemen
Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI), Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak.(2023).
Penelitian ini membahas tentang penerapan promosi di media sosial
(facebook dan Instagram) dalam meningkatkan pemasaran produk
perumahan di PT. Putra Kalma Raya Desa Kapur Kab. Kubu Raya. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana penerapan media sosial
(Facebook dan Instragram) sebagai sarana promosi di PT. Putra Kalma Raya
dan Bagaimana pemasaran media sosial (facebook dan Instragram) yang di
terapkan oleh PT. Putra Kalma Raya dalam meningkatkan pemasaran.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik
keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dan
member check. Data yang diperoleh adalah hasil wawancara peneliti Bersama
marketing dan konsumen PT. Putra Kalma Raya. Penelitian ini dilakukan di
Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimanan Barat.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) PT. Putra Kalma
Raya menggunakan strategi promosi yang terdiri dari Iklan (advertising),
Penjualan tatap muka (personal selling), Publisitas (publicity), Promosi
Penjualan dan Direct Marketing. Hal tersebut cukup berpengaruh signifikan
terhadap pemasaran produk perumahan pada PT. Putra Kalma Raya, akan
tetapi juga mengalami penurunan pada tahun 2021 - 2022. 2) PT. Putra Kalma
Raya menggunakan strategi pemasaran Hiburan (Entertainment), Interaksi
(Interaction), Tren/Hal yang dibicarakan (Trendiness), Kustomisasi
(Customization), Risiko yang dirasakan (Perceived Risk). Dengan
menggunakan promosi melalui (facebook dan instragram) terjadi peningkatan
dari sisi penjualan.