Abstract:
NOVAL ARRAPI. Penerapan Promosi Media Sosial (Facebook 
Dan Instragram) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Perumahan Di PT. 
Putra Kalma Raya Desa Kapur Kab. Kubu Raya: Program Studi Manajemen 
Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI), Institut Agama 
Islam Negeri (IAIN) Pontianak.(2023). 
Penelitian ini membahas tentang penerapan promosi di media sosial 
(facebook dan Instagram) dalam meningkatkan pemasaran produk 
perumahan di PT. Putra Kalma Raya Desa Kapur Kab. Kubu Raya. Tujuan 
penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana penerapan media sosial 
(Facebook dan Instragram) sebagai sarana promosi di PT. Putra Kalma Raya 
dan Bagaimana pemasaran media sosial (facebook dan Instragram) yang di 
terapkan oleh PT. Putra Kalma Raya dalam meningkatkan pemasaran. 
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan 
kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, 
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian 
ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik 
keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dan 
member check. Data yang diperoleh adalah hasil wawancara peneliti Bersama 
marketing dan konsumen PT. Putra Kalma Raya. Penelitian ini dilakukan di 
Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimanan Barat. 
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) PT. Putra Kalma 
Raya menggunakan strategi promosi yang terdiri dari Iklan (advertising), 
Penjualan tatap muka (personal selling), Publisitas (publicity), Promosi 
Penjualan dan Direct Marketing. Hal tersebut cukup berpengaruh signifikan 
terhadap pemasaran produk perumahan pada PT. Putra Kalma Raya, akan 
tetapi juga mengalami penurunan pada tahun 2021 - 2022. 2) PT. Putra Kalma 
Raya menggunakan strategi pemasaran Hiburan (Entertainment), Interaksi 
(Interaction), Tren/Hal yang dibicarakan  (Trendiness), Kustomisasi 
(Customization), Risiko  yang  dirasakan (Perceived Risk). Dengan 
menggunakan promosi melalui (facebook dan instragram) terjadi peningkatan 
dari sisi penjualan.