Abstract:
Nurul Hanisah (12015061), Strategi pemasaran digital melalui Sosial Media CV Bujang Sejahtera dalam meningkatkan penggunaan Jasa Transportasi Online di Kota Pontianak. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak Tahun 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui impelementasi 4p dalam penggunaan Sosial Media CV Bujang Sejahtera dalam meningkatkan jasa transportasi online di kota Pontianak. (2) Untuk mengetahui kendala dalam proses pelaksanaan penggunaan sosial media yang dilakukan CV Bujang Sejahtera dalam meningkatkan jasa transportasi online di kota Pontianak. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung ke Kantor CV Bujang Sejahtera, kemudian melakukan wawancara kepada operator CV Bujang Sejahtera, dan pengguna Bujang Kurir. Selain menggunakan teknik tersebut peneliti juga melakukan dokumentasi atau pengambilan gambar, sebagai bukti bahwa sudah melakukan wawancara di CV Bujang Sejahtera.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Strategi pemasaran melalui sosial media CV Bujang sejahtera dalam meningkatkan penggunaan jasa transportasi online di Kota Pontianak yaitu ditinjau dari bauran pemasaran (Marketing mix) 4P yaitu: Produk, Harga, Tempat, Promosi. Produk yang pasarkan secara keseluruhan telah berhasil dipasarkan melalui sosial media. Penerapan Harga yang befokus pada pelanggan merupakan langkah yang dilakukan CV Bujang Sejahtera untuk menjadi kunci keberhasilan perusahaan. Pemilihan tempat dalam memasarkan produk atau memilih platform sosial media juga menunjukkan pemahaman yang baik dan tepat untuk mencapai tujuan bisnis. Dan strategi promosi yang diterapkan oleh CV Bujang Sejahtera sudah cukup baik. (2)Dalam menjalankan penggunaan sosial media di CV Bujang Sejahtera sampai saat ini tidak ada kendala langsung, karena fitur fitur yang di sediakan sudah cukup lengkap dan mengikuti trend terbaru. Media sosial CV Bujang sejahtera lebih fokus pada aspek yang memiliki hal postitif sehingga tidak adanya kendala langsung.