PENGARUH PENERAPAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DIBANTU MEDIA WORDWALL QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK DI KELAS V MIS NURUL MUSLIMIN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Janah, Roikhatul
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author Putri, Zaskia Aulia
dc.date.accessioned 2025-06-03T08:23:55Z
dc.date.available 2025-06-03T08:23:55Z
dc.date.issued 2025-05-08
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6493
dc.description.abstract ZASKIA AULIA PUTRI, Pengaruh Penerapan Metode Inside Outside Circle Dibantu Media Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Di Kelas V MIS Nurul Muslimin Tahun Ajaran 2024/2025: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitan ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas V di MIS Nurul Muslimin. Tujuan penelitian ini dibagi menjadi 4 tujuan penelitian yaitu Pertama, menyimpulkan penerapan metode Inside Outside Circle dengan bantuan media Wordwall Quiz di kelas V MIS Nurul Muslimin Tahun Ajaran 2024/2025. Kedua, menganalisis hasil belajar IPAS di kelas kontrol tanpa diterapkan metode Inside Outside Circle dibantu media Wordwall Quiz di kelas V MIS Nurul Muslimin Tahun Ajaran 2024/2025. Ketiga, menganalisis hasil belajar IPAS di kelas eksperimen sesudah diterapkan metode Inside Outside Circle berbantuan media Wordwall Quiz di kelas V MIS Nurul Muslimin Tahun Ajaran 2024/2025. Keempat, menganalisis pengaruh metode Inside Outside Circle dibantu media Wordwall Quiz di kelas V MIS Nurul Muslimin Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment Design dan rancangan Randomized control-group posttest only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIS Nurul Muslimin Tahun Ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 2 kelas jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 42 siswa. Adapun sampel yang terdiri dari 2 kelas, yakni kelas V A yang berjumlah 20 orang dan kelas V B yang terdiri dari 22 orang. Tenik yang digunakan adalah teknik tes, observasi dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, lembar observasi, catatan lapangan dan dokumen. Pembuktian Validitas menggunakan rumus Gregory dan diperoleh v=1,0. Estimasi Reliabilitas diketahui nilai Cronbach Alpha > rtabel yakni sebesar 0,706 > 0,304 dengan Tingkat reliabilitas “Reliabilitas Tinggi”. Analisis data berupa analisis kuantitatif deskriptif serta uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini Pertama, metode Inside Outside Circle dan media Wordwall adalah kombinasi yang sangat potensial untuk meningkatkan pembelajaran di kelas V MIS. Kedua, hasil belajar pada kelas kontrol tanpa diterapkan metode Inside Outside Circle dibantu media Wordwall Quiz memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 37,3335. Ketiga, hasil belajar pada kelas eksperimen dengan diterapkan metode Inside Outside Circle dibantu media Wordwall Quiz memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 60,0005. Keempat, uji hipotesis Mann-Whitney, yang mana diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “H0 ditolak dan Ha diterima.” en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Inside Outside Circle en_US
dc.subject Wordwall Quiz en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DIBANTU MEDIA WORDWALL QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK DI KELAS V MIS NURUL MUSLIMIN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account