Abstract:
Nurul Nadiyanti, 12103041. Pengaruh Gaya Hidup dan Fear
of Missing Out (FOMO) Terhadap Impulsif buying Pengguna E-Commerce
Shopee Pada Gen Z di Kota Pontianak. Skripsi, Pontianak: Program Studi
Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Pembelian impulsif atau impulsif buying pada umumnya adalah
kegiatan belanja tanpa perencanaan terlebih dahulu. Impulsif buying
merupakan salah satu elemen penting dalam e-commerce. Impulsif buying
saat ini meningkat secara online karena konsumen lebih banyak
menghabiskan waktu melalui internet serta diakibatkan karena stimulus baik
faktor internal maupun eksternal yang memicu pembelian spontan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh gaya
hidup terhadap impulsif buying pengguna e-commerce shopee pada Gen Z
di Kota Pontianak. 2) Pengaruh fear of missing out terhadap impulsif buying
pengguna e-commerce shopee pada Gen Z di Kota Pontianak. 3) Pengaruh
gaya hidup dan fear of missing out terhadap impulsif buying pengguna e-
commerce shopee pada Gen Z di Kota Pontianak.
Penelitian ini yaitu penelitian survei. Populasi yang dipakai yaitu 100
responden yang dilakukan dengan teknik Nonprobability Sampling. Adapun
metode yang dipakai yakni metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif.
Data yang dilakukan penelitian ini yakni data primer yang diambil
menggunakan kuesioner. Data diolah menggunakan program SPSS 25.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gaya Hidup
secara parsial berpengaruh terhadap impulsif buying, dapat diketahui bahwa
nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan memiliki nilai t hitung sebesar
6.028 > 1,985. 2) FOMO secara parsial berpengaruh terhadap impulsif
buying, dapat diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,012 < 0,05 dan
memiliki nilai t hitung sebesar 2.569 > 1,985. 3) Gaya Hidup dan FOMO
secara simultan berpengaruh terhadap impulsif buying, dapat diketahui bahwa
nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai f hitung sebesar 31.229
> 3,090.