PENGARUH GAYA HIDUP DAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP IMPULSIF BUYING PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE PADA GEN Z DI KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kalbarini, Rahma Yulisa
dc.contributor.advisor Gunawan, M.Wawan
dc.contributor.advisor Ilhamdi, Ilhamdi
dc.contributor.advisor Zulinda, Nia
dc.contributor.author Nadiyanti, Nurul
dc.date.accessioned 2025-06-02T07:30:20Z
dc.date.available 2025-06-02T07:30:20Z
dc.date.issued 2025-05-05
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6477
dc.description.abstract Nurul Nadiyanti, 12103041. Pengaruh Gaya Hidup dan Fear of Missing Out (FOMO) Terhadap Impulsif buying Pengguna E-Commerce Shopee Pada Gen Z di Kota Pontianak. Skripsi, Pontianak: Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Pembelian impulsif atau impulsif buying pada umumnya adalah kegiatan belanja tanpa perencanaan terlebih dahulu. Impulsif buying merupakan salah satu elemen penting dalam e-commerce. Impulsif buying saat ini meningkat secara online karena konsumen lebih banyak menghabiskan waktu melalui internet serta diakibatkan karena stimulus baik faktor internal maupun eksternal yang memicu pembelian spontan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh gaya hidup terhadap impulsif buying pengguna e-commerce shopee pada Gen Z di Kota Pontianak. 2) Pengaruh fear of missing out terhadap impulsif buying pengguna e-commerce shopee pada Gen Z di Kota Pontianak. 3) Pengaruh gaya hidup dan fear of missing out terhadap impulsif buying pengguna e- commerce shopee pada Gen Z di Kota Pontianak. Penelitian ini yaitu penelitian survei. Populasi yang dipakai yaitu 100 responden yang dilakukan dengan teknik Nonprobability Sampling. Adapun metode yang dipakai yakni metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang dilakukan penelitian ini yakni data primer yang diambil menggunakan kuesioner. Data diolah menggunakan program SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gaya Hidup secara parsial berpengaruh terhadap impulsif buying, dapat diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan memiliki nilai t hitung sebesar 6.028 > 1,985. 2) FOMO secara parsial berpengaruh terhadap impulsif buying, dapat diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,012 < 0,05 dan memiliki nilai t hitung sebesar 2.569 > 1,985. 3) Gaya Hidup dan FOMO secara simultan berpengaruh terhadap impulsif buying, dapat diketahui bahwa nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai f hitung sebesar 31.229 > 3,090. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Gaya Hidup en_US
dc.subject FOMO en_US
dc.subject Impulsif buying en_US
dc.title PENGARUH GAYA HIDUP DAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP IMPULSIF BUYING PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE PADA GEN Z DI KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account