Abstract:
ERNAWATI. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching
Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma
Negeri 6 Pontianak Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kedisiplinan siswa pada hasil
pembelajaran kontekstual. Tujuan penelitian ini 1) Perencanaan penerapan
pemebelajaran kontekstual pada pelajaran PAI Kelas X 2) Untuk
mengetahui hasil dari penerapan pembelajaran kontekstual pada mata
Pelajaran PAI kelas X 3) Untuk mendeskripsikan apa saja kendala guru
dalam penerapan kontekstual pada pelajaran PAI kelas X.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode
deskriptif. Sumber data primer ialah guru PAI dan siswa. Data sekunder
yaitu dokumentasi. Data dikumpulkan melalui Observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data
reduction), display data, conclusion drawing/verification. Dengan data
disahkan melalui triangulasi dan bahan referensi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran
kontekstual dapat memudahkan siswa untuk memahami dan menerapkan
dalam kehidupan sehari-hari siswa, guru berupaya untuk siswa telibat aktif
dalam proses penerapanya sehingga siswa dengan mudah menerapkan
menemukan pengetahuan dari aksi langsung siswa. Penerapan tersebut
sudah terlaksanakan dengan baik namun belum maksimal . Adapun kendala
guru dalam penerapan kontekstual ini kuranya minat dan tidak berani
berpendapatnya siswa dalam mengikuti pemebelajaran oleh karena itu guru
berusaha membuat materi semenarik mungkin, kecerdasan siswa sangat
bervariasi tetapi masih bisa menerima Pelajaran dengan cukup baik