PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA NEGERI 6 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, muhammad
dc.contributor.advisor surianto, surianto
dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Ernawati, Ernawati
dc.date.accessioned 2025-05-28T07:15:50Z
dc.date.available 2025-05-28T07:15:50Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6466
dc.description.abstract ERNAWATI. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma Negeri 6 Pontianak Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kedisiplinan siswa pada hasil pembelajaran kontekstual. Tujuan penelitian ini 1) Perencanaan penerapan pemebelajaran kontekstual pada pelajaran PAI Kelas X 2) Untuk mengetahui hasil dari penerapan pembelajaran kontekstual pada mata Pelajaran PAI kelas X 3) Untuk mendeskripsikan apa saja kendala guru dalam penerapan kontekstual pada pelajaran PAI kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Sumber data primer ialah guru PAI dan siswa. Data sekunder yaitu dokumentasi. Data dikumpulkan melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), display data, conclusion drawing/verification. Dengan data disahkan melalui triangulasi dan bahan referensi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat memudahkan siswa untuk memahami dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari siswa, guru berupaya untuk siswa telibat aktif dalam proses penerapanya sehingga siswa dengan mudah menerapkan menemukan pengetahuan dari aksi langsung siswa. Penerapan tersebut sudah terlaksanakan dengan baik namun belum maksimal . Adapun kendala guru dalam penerapan kontekstual ini kuranya minat dan tidak berani berpendapatnya siswa dalam mengikuti pemebelajaran oleh karena itu guru berusaha membuat materi semenarik mungkin, kecerdasan siswa sangat bervariasi tetapi masih bisa menerima Pelajaran dengan cukup baik en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan, en_US
dc.subject Pembelajaran Kontekstual en_US
dc.subject Mapel PAI en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA NEGERI 6 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account