PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE MATCH TIME TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN 06 PONTIANAK TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sarassanti, Yumi
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Muthmainnah, Fitri
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.author Rahmayani, Rizky Balqis
dc.date.accessioned 2025-05-27T03:28:30Z
dc.date.available 2025-05-27T03:28:30Z
dc.date.issued 2025-04-28
dc.identifier.citation APA(American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6454
dc.description.abstract RIZKY BALQIS RAHMAYANI, Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Match Time Pada Prestasi Belajar Peserta Didik Dipembelajaran Matematika Kelas II SDN 06 Pontianak Timur: Fakuktas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025/1446 H. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran matematika, terdapat 21 dari 32 peserta didik yang masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Saat pembelajaran berlangsung, banyak peserta didik yang tidak mendengarkan penjelasan guru, mereka sibuk sendiri bermain dan berbicara bersama temannya. Penyebabnya adalah guru belum menggunakan media yang dapat menarik perhatian peserta didik. Sehingga dilaksanakanlah penelitian ini dengan tujuan untuk menyampaikan: (1) Penggunaan media Puzzle Match Time pada pembelajaran Matematika kelas II di SDN 06 Pontianak Timur; (2) Prestasi belajar peserta didik tanpa menggunakan media Puzzle Match Time; (3) Prestasi belajar peserta didik setelah menggunakan media Puzzle Match Time dan (4) Pengaruh media Puzzle Match Time pada prestasi belajar peserta didik di kelas II SDN 06 Pontianak Timur. Penelitian ini termasuk pada kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Dalam penelitian ini sumber datanya yaitu populasi dan sampel. Dengan jumlah populasi 62 orang peserta didik dan sampelnya merupakan peserta didik kelas II A sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas II B sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, pengukuran dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis instrumen berupa uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda. Analisis deskriptif berupa Mean (rata-rata) dan analisis inferensial berupa uji normalitas, homogenitas dan Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan media Puzzle Match Time telah disesuaikan dengan langkah-langkah yang ditetapkan; (2) Prestasi belajar peserta didik dikelas kontrol dari hasil hitungan data masih terdapat beberapa peserta didik yang belum mencapai standar kompetensi yang diharapkan dalam pembelajaran; (3) Prestasi belajr peserta didik dikelas eksperimen dari hasil hitungan data hampir sempurna, hanya 1 peserta didik yang belum mencapai standar kompetensi dan (4) Pengaruh media P pada prestasi belajar peserta didik dapat dilihat pada hasil uji hipotesis dengan nilai Sig. sebesar 0.000<0.05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap Y. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Puzzle Match Time en_US
dc.subject Prestasi Belajar Peserta Didik en_US
dc.subject Pembelajaran Matematika en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE MATCH TIME TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN 06 PONTIANAK TIMUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account