dc.description.abstract |
NAJWA SARI FAUZIAH. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di SDN 34 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar
peserta didik kelas V dalam pembelajaran IPAS di kelas kontrol materi sistem
pencernaan tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. 2)
Hasil belajar peserta didik kelas V dalam pembelajaran IPAS di kelas
eksperimen di SDN 34 Pontianak Selatan tahun pelajaran 2024/2025. 3)
Penerapan model Inkuiri Terbimbing kelas V dalam pembelajaran IPAS
eksperimen. 4) Mengevaluasi apakah terdapat pengaruh penggunaan model
inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V pada materi
sistem pencernaan kelas V kontrol dan eksperimen.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain
quasi eksperimental design berupa nonequivalent control group design.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu kelas V B dan C dengan
teknik pengambilan sampel purposive sampling teknik sampel jenuh yang
berjumlah 2 kelas yaitu kelas V B dan C yang berjumlah 68 peserta didik.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran (tes),
teknik observasi dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang
digunakan yaitu lembar soal, dokumen dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu uji prasyarat normalitas dan uji statistik non
parameterik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik
kelas V SDN 34 Pontianak Selatan tanpa menggunakan model pembelajaran
Inkuiri Terbimbing pada mata pelajaran IPA kelas kontrol terdapat dengan
nilai rata-rata pre-test 68,91 dan nilai post-test peserta didik dengan nilai
sebesar 71,91. 2) Hasil belajar peserta didik kelas V SDN 34 Pontianak
Selatan menggunakan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada mata
pelajaran IPA kelas eksperimen dengan nilai pre-test rata-rata 73,52 dan nilai
post-test
sebesar 83,23. 3) Penggunaan model Inkuiri Terbimbing pada
materi sistem pencernaan manusia di kelas V yang telah dilakukan sesuai
dengan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran Inkuiri
Terbimbing dan terlaksana 95%. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan pada
penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar
peserta didik kelas kontrol dan eksperimen pada materi sistem pencernaan di
SDN 34 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025. |
en_US |