PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V DI SDN 34 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author FAUZIAH, NAJWA SARI
dc.date.accessioned 2025-05-26T07:05:44Z
dc.date.available 2025-05-26T07:05:44Z
dc.date.issued 2025-04-29
dc.identifier.citation APA(American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6436
dc.description.abstract NAJWA SARI FAUZIAH. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di SDN 34 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik kelas V dalam pembelajaran IPAS di kelas kontrol materi sistem pencernaan tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. 2) Hasil belajar peserta didik kelas V dalam pembelajaran IPAS di kelas eksperimen di SDN 34 Pontianak Selatan tahun pelajaran 2024/2025. 3) Penerapan model Inkuiri Terbimbing kelas V dalam pembelajaran IPAS eksperimen. 4) Mengevaluasi apakah terdapat pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V pada materi sistem pencernaan kelas V kontrol dan eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design berupa nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu kelas V B dan C dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling teknik sampel jenuh yang berjumlah 2 kelas yaitu kelas V B dan C yang berjumlah 68 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran (tes), teknik observasi dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar soal, dokumen dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat normalitas dan uji statistik non parameterik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas V SDN 34 Pontianak Selatan tanpa menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada mata pelajaran IPA kelas kontrol terdapat dengan nilai rata-rata pre-test 68,91 dan nilai post-test peserta didik dengan nilai sebesar 71,91. 2) Hasil belajar peserta didik kelas V SDN 34 Pontianak Selatan menggunakan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada mata pelajaran IPA kelas eksperimen dengan nilai pre-test rata-rata 73,52 dan nilai post-test sebesar 83,23. 3) Penggunaan model Inkuiri Terbimbing pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V yang telah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan terlaksana 95%. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen pada materi sistem pencernaan di SDN 34 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing en_US
dc.subject IPAS en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V DI SDN 34 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account