Abstract:
RAZVI SHIDIQ NUR FALDIN (11903049). “Analisis Penerimaan
dan Penggunaan Aplikasi OVO Dengan Menggunakan Unified Theory
of
Acceptance and Use of Technology (UTAUT) Di Kalangan
Mahasiswa Kota Pontianak”: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)
Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak 2024.
Aplikasi OVO dibentuk oleh PT. Visionet Internasional dengan
fokus pada kemudahan penggunaan, OVO memberikan akses praktis
kepada pengguna untuk mengelola keuangan mereka secara efisien
melalui perangkat mobile. Untuk mengukur tingkat penerimaan dan
penggunaan aplikasi OVO peneliti menggunakan model Unified Theory
of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Dalam penelitian ini
terdapat 6 variabel independen performance expectancy, behavioral
intention, social influence, use behavior, experience, voluntariness of use
dan 2 variabel dependen behavioral intention, dan use behavior.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh
ekspektasi kerja (performance expectancy) terhadap niat keperilakuan
behavioral intention; (2) bagaimana pengaruh tingkat usaha (effort
expectancy) terhadap niat keperilakuan (behavioral intention); (3)
bagaimana pengaruh sosial (social influence) terhadap niat keperilakuan
(behavioral intention); (4) bagaimana pengaruh tingkat penggunaan (use
behavior) terhadap kondisi yang memfasilitasi (facilitating conditions);
(5)
bagaimana pengalaman (experience) mempengaruhi niat
keperilakuan (behavioral intention); (6) bagaimana kesukarelaan
(voluntariness of use) mempengaruhi niat keperilakuan (behavioral
intention); (7) bagaimana niat keperilakuan (behavioral intention) dapat
mempengaruhi perilaku menggunakan (use behavior).
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan
kuantitatif. Sampel yang diambil adalah sebanyak 135 responden.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket)
melalui google form. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan
aplikasi SmartPLS 4.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) performance
expectancy berpengaruh positif terhadap behavioral intention (2) effort
expectancy berpengaruh positif terhadap behavioral intention (3) social
influence berpengaruh positif terhadap behavioral intention (4) use
behavior berpengaruh positif terhadap facilitating conditions (5)
experience berpengaruh negatif terhadap behavioral intention) (6)
voluntariness of use berpengaruh negatif terhadap behavioral intention
(7) behavioral intention berpengaruh positif terhadap use behavior.