dc.description.abstract |
DINDA APRILLIA, Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Nilai Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri 06 Pontianak Utara tahun pelajaran 2024/2025: Falkultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan prestasi belajar peserta didik di kelas kontrol tanpa menggunkan media video animasi. (2) mendeskripsikan penerapan media pembelajaran video animasi dikelas eksperimen. (3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan Media Video Animasi di kelas control dan kelas eksperimen Sekolah Dasar Negeri 06 Pontianak Utara.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif metode eskperimen. Sumber data penelitian ini adalah populasi dan sampel. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 3 SDN 06 Pontianak Utara. Sampel pada penelitian ini yang terdiri dari 2 kelas dengan masing-masing kelas berjumlah 20 peserta didik.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Hasil pre-test kelas kontrol terdapat 9 orang yang tuntas, sesuai dengan nilai KKM 75 sedangkan 11 orang lainnya tidak tuntas atau mendapatkan nilai dibawah KKM. Nilai rata-rata yang didapat adalah 65. (2) Penggunaan media video animasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada BAB 2 Kawan Seiring telah dilakukan seperti Langkah-langkah yang ditetapkan dalam modul ajar dengan terlaksana 100%. (3) Pada uji hipotesis data post-test kelas kontrol dan eksperimen hasil diperoleh nilai (Sig) sebesar 0,001, yang berarti nilai (Sig) > 0.05 dan menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga terdapat pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat |
en_US |