Abstract:
RUKIYAH, Analisis pola pembiayan pada Bank kalbar unit usaha
syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah cabang Kota Pontianak: Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Jurusan Perbankan Syariah (PBS) Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,2016.
Tujuan Penelitian ini dilakukan oleh peneliti bertujuan
untuk mengetahui:peningkatkan jumlah nasabah pada bank kalbar
syariah cabang kota pontianak dan gambaran pola pembiayaan yang
diterapkan tersebut dapat meningkatkan jumlah nasabah Bank kalbar
syariah cabang pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Hal tersebut
digunakan untuk menggambarkan dan penyajian data dan fakta-fakta
yang sesungguhnya Analisis pola pembiayaan . Dalam penelitian ini
menggunakan alat pengumpulan data yakni: observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
reduksi data, peyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) peningkatan jumlah nasabah pada bank kalbar
syariah cabang kota pontianak : bank kalbar syariah dalam
meningkatkan jumlah nasabah promosi yang ada dalam bank kalbar
syariah baik dana maupun pembiayaan. Promosi adalah upaya untuk
memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan
menarik calon konsumen untuk membeli.2) pola pembiayaan yang
diterapkan tersebut dapat meningkatkan jumlah nasabah Bank kalbar
syariah cabang pontianak : bisa karena margin (persentase
keutungan dari produk atau jasa bisa dijual) bersaing. Dalam
meningkatkan jumlah nasabah dengan pembiayaan murabahah dilihat
dari produk, lokasi dan proses yaitu: a. Produk adalah segala
sesuatu
yang
bisa
ditawarkan
untuk
memenuhi
kebutuhan
konsumen.Produk yang ditawarkan bank kalbar syariah mempunyai
keunggulan tersendiri, karena produk yang ditawarkan dapat
disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, salah satu produk yang
ditawarkan tersebut adalah pembiayaan murabahah. b harga adalah
sejumlah nilai yang harus dibayar nasabah untuk membeli atau
menikmati barang atau jasa yang ditawarkan oleh bank. Pada bank
syariah yang menjadi harga adalah margin (bagi hasil) yang
diterapkan antara nasabah dari pihak bank sejak akad ditanda
tangani. c promosi adalah dengan cara promosi langsung kepada
nasabah, dimana seorang marketing dari bank ini langsung ke
lapangan yaitu : datang kerumah – rumah masyarakat dari satu
rumah ke rumah lain, ke pasar – pasar serta warung terdekat dan
v
dari mulut ke mulut yang dilakukan baik secara langsung oleh pihak
bank kalbar syariah.