Analisis pola pembiayan pada Bank kalbar unit usaha syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah cabang Kota Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Yulia, Yulia
dc.contributor.advisor Luqman, Luqman
dc.contributor.advisor Ruci, Dewa
dc.contributor.author Rukiyah, Rukiyah
dc.date.accessioned 2025-05-19T08:33:26Z
dc.date.available 2025-05-19T08:33:26Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6392
dc.description.abstract RUKIYAH, Analisis pola pembiayan pada Bank kalbar unit usaha syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah cabang Kota Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Jurusan Perbankan Syariah (PBS) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,2016. Tujuan Penelitian ini dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengetahui:peningkatkan jumlah nasabah pada bank kalbar syariah cabang kota pontianak dan gambaran pola pembiayaan yang diterapkan tersebut dapat meningkatkan jumlah nasabah Bank kalbar syariah cabang pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Hal tersebut digunakan untuk menggambarkan dan penyajian data dan fakta-fakta yang sesungguhnya Analisis pola pembiayaan . Dalam penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data yakni: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, peyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) peningkatan jumlah nasabah pada bank kalbar syariah cabang kota pontianak : bank kalbar syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah promosi yang ada dalam bank kalbar syariah baik dana maupun pembiayaan. Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli.2) pola pembiayaan yang diterapkan tersebut dapat meningkatkan jumlah nasabah Bank kalbar syariah cabang pontianak : bisa karena margin (persentase keutungan dari produk atau jasa bisa dijual) bersaing. Dalam meningkatkan jumlah nasabah dengan pembiayaan murabahah dilihat dari produk, lokasi dan proses yaitu: a. Produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.Produk yang ditawarkan bank kalbar syariah mempunyai keunggulan tersendiri, karena produk yang ditawarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, salah satu produk yang ditawarkan tersebut adalah pembiayaan murabahah. b harga adalah sejumlah nilai yang harus dibayar nasabah untuk membeli atau menikmati barang atau jasa yang ditawarkan oleh bank. Pada bank syariah yang menjadi harga adalah margin (bagi hasil) yang diterapkan antara nasabah dari pihak bank sejak akad ditanda tangani. c promosi adalah dengan cara promosi langsung kepada nasabah, dimana seorang marketing dari bank ini langsung ke lapangan yaitu : datang kerumah – rumah masyarakat dari satu rumah ke rumah lain, ke pasar – pasar serta warung terdekat dan v dari mulut ke mulut yang dilakukan baik secara langsung oleh pihak bank kalbar syariah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.title Analisis pola pembiayan pada Bank kalbar unit usaha syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah cabang Kota Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account