dc.description.abstract |
Ayu Triana. 2023. “Penerapan Strategi Survey, Question, Read, Recite,
Review (SQ3R) Uuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada
Pembelajaran IPS Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Filial Pontianak
Tahun Ajaran 2023/2024”. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2023.
Penelitian ini di latarbelakangi oleh penerapan strategi dan metode yang di
guanakn guru masih kurang efektif sehingga berdampak penurunan hasil belajar
peserta didik. Tujuan penelitian ini terdiri dari: 1) Bagaimana langkah-langkah
penerapan Survey Question Read Recite Review (SQ3R) untuk meningkatkan hasil
belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 01 Filial Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. 2) Bagaimana hasil belajar
peserta didik kelas IV pada pembelajaran IPS sesudah menggunakan Strategi
Survey Question Read Recite Review (SQ3R) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01
Filial Pontianak tahun ajaran 2023/2024. 3) Apakah terdapat peningkatan
penggunaan strategi Survey Question Read Recite Review (SQ3R) untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas IV di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Filial Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024.
Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis
penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Reasech (CAR). Subjek
dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN 01 Filial Pontianak
berjumlah 38 peserta didik dan sumber dari penelitian ini adalah bapak Sein,
S.Pd.I. Instrumen dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi.
Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman pedoman
observasi, soal tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini disimpulan sebagai berikut: 1) siklus I diperoleh rata
rata hasil belajar 65,26 dari 38 peserta didik dan persentasi peserta didik yang
tuntas adalah 31,57% sebanyak 6 peserta didik yang tuntas. 2) Siklus II diperoleh
rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 81,18 dari 38 peserta didik dan
persentasi peserta didik yang tuntas adalah 86,84% sebanyak 33 peserta didik
tuntas. 3) Pada siklus I dan siklus II menunjukan peningkatan yang cukup baik
dengan persentasi 31,57% dan pada siklus II menunjukan peningkatan yang
sangat signifikan dengan persentasi 86,84%. Dan hasil yang diperoleh diatas pada
siklus I dan siklus II maka menunjukan ada peningkatan terhadap nilai peserta
didik yang mana yang memperoleh nilai diatas 75 meningkat dari siklus I ke
siklus II. |
en_US |