Penerapan Strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Uuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran IPS Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Filial Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.author Triana, Ayu
dc.date.accessioned 2025-05-14T07:16:22Z
dc.date.available 2025-05-14T07:16:22Z
dc.date.issued 2023-12-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6366
dc.description.abstract Ayu Triana. 2023. “Penerapan Strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Uuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran IPS Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Filial Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024”. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2023. Penelitian ini di latarbelakangi oleh penerapan strategi dan metode yang di guanakn guru masih kurang efektif sehingga berdampak penurunan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini terdiri dari: 1) Bagaimana langkah-langkah penerapan Survey Question Read Recite Review (SQ3R) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Filial Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. 2) Bagaimana hasil belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran IPS sesudah menggunakan Strategi Survey Question Read Recite Review (SQ3R) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Filial Pontianak tahun ajaran 2023/2024. 3) Apakah terdapat peningkatan penggunaan strategi Survey Question Read Recite Review (SQ3R) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Filial Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Reasech (CAR). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN 01 Filial Pontianak berjumlah 38 peserta didik dan sumber dari penelitian ini adalah bapak Sein, S.Pd.I. Instrumen dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman pedoman observasi, soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulan sebagai berikut: 1) siklus I diperoleh rata rata hasil belajar 65,26 dari 38 peserta didik dan persentasi peserta didik yang tuntas adalah 31,57% sebanyak 6 peserta didik yang tuntas. 2) Siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 81,18 dari 38 peserta didik dan persentasi peserta didik yang tuntas adalah 86,84% sebanyak 33 peserta didik tuntas. 3) Pada siklus I dan siklus II menunjukan peningkatan yang cukup baik dengan persentasi 31,57% dan pada siklus II menunjukan peningkatan yang sangat signifikan dengan persentasi 86,84%. Dan hasil yang diperoleh diatas pada siklus I dan siklus II maka menunjukan ada peningkatan terhadap nilai peserta didik yang mana yang memperoleh nilai diatas 75 meningkat dari siklus I ke siklus II. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi SQ3R en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Pembelajaran IPS en_US
dc.title Penerapan Strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Uuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran IPS Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Filial Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account