Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembinaan kepada anak didik
pemasyarakatan dan bertujuan untuk menganalisis perencanaan dan pelaksanaan
Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Pontianak. Secara
umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anak didik kepada
Allah SWT. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk mengetahui
sejauh mana Pendidikan Agama Islam yang dilakukan di Lembaga Pembinaan
Khusus Anak Pontianak selama ini, sehingga pelaksanaan Pendidikan Agama
Islam ke depannya dilakukan lebih baik lagi dari sebelumnya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan desain peneitian studi kasus. Sampel yang digunakan adalah Kepala
LPKA, KASI Pembinaan, Tutor Pengajar Pendidikan Agama Islam dan salah satu
anak didik pemasyarakatan. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh
melalui teknik observasi langsung non partisipan dan teknik komunikasi tak
langsung dengan alat pengumpulan data berupa pedoman observasi dan perekam
suara audio visual dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan analisis
penjodohan pola dan pembuatan eksplanasi.
Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Perlunya Pendidikan Agama
Islam adalah untuk meningkatkan kesadaran atas kesalahan, menanamkan nilai-
nilai agama untuk meningkatkan keimanan dan mencegah untuk melakukan hal
yang negatif sehingga mendukung teori yang digunakan dalam penelitian. (2)
Perencanaan Pendidikan Agama Islam belum terlaksana dengan baik, karena
dalam perencanaannya hanya menggunakan metode ceramah dan tidak
menggunakan media pembelajaran sehingga menolak teori yang digunakan dalam
penelitian. (3) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam sudah terlaksana dengan
baik, dikatakan begitu karena di LPKA Pontianak tenaga pengajar sudah
memberikan contoh yang baik, melakukan pembinaan dengan praktek langsung,
bercerita dan memberikan anak didik pemasyarakatan kebiasaan yang baik seperti
berwudhu sebelum masuk masjid untuk ikut serta dalam mengikuti materi Agama
Islam yang disampaikan pengajar sehingga menerima teori yang digunakan dalam
penelitian.