Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan antar bimbingan orangtua dan
latar belakang pendidikan terhadap nilai mata pelajaran Al-Qur’an Akhlak Tarikh.
Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan orangtua dan
latar belakang pendidikan terhadap nilai mata pelajaran Al-Qur’an Akhlak Tarikh
pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran
2020/2021. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dalam bentuk
penelitian berupa studi pengaruh dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam
penelitian ini yaitu 149 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah teknik komunikasi tidak langsung, studi dokumen, tes dan wawancara.
Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan statistika deskriptif dan regresi
berganda. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) bimbingan orangtua mencapai
nilai dengan persentase 68,7%, 2) latar belakang pendidikan siswa kelas X SMA
Muhammadiyah 1 Pontianak 15,4% berasal dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan
84,6% berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), 3) nilai rata-rata mata
pelajaran Al-Qur’an Akhlak Tarikh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1
Pontianak berada pada persentase 78,1%, 4) Bimbingan orangtua siswa kelas X
SMA Muhammadiyah 1 Pontianak tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai
mata pelajaran Al-Qur’an Akhlak Tarikh, 5) Latar belakang pendidikan siswa
kelas X SMA Muhammadiyah 1 tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai mata
pelajaran Al-Qur’an Akhlak Tarikh, 6) Bimbingan orangtua dan latar belakang
pendidikan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pontianak secara bersama-
sama tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai mata pelajaran Al-Qur’an
Akhlak Tarikh yakni sebesar 0,8%.