PENGARUH BIMBINGAN ORANGTUA DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP NILAI MATA PELAJARAN AL-QUR’AN AKHLAK TARIKH PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hamsy, Ali
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.author HERAWATI
dc.date.accessioned 2022-06-10T12:11:28Z
dc.date.available 2022-06-10T12:11:28Z
dc.date.issued 2021-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/634
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan antar bimbingan orangtua dan latar belakang pendidikan terhadap nilai mata pelajaran Al-Qur’an Akhlak Tarikh. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan orangtua dan latar belakang pendidikan terhadap nilai mata pelajaran Al-Qur’an Akhlak Tarikh pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dalam bentuk penelitian berupa studi pengaruh dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu 149 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung, studi dokumen, tes dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan statistika deskriptif dan regresi berganda. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) bimbingan orangtua mencapai nilai dengan persentase 68,7%, 2) latar belakang pendidikan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pontianak 15,4% berasal dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 84,6% berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), 3) nilai rata-rata mata pelajaran Al-Qur’an Akhlak Tarikh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pontianak berada pada persentase 78,1%, 4) Bimbingan orangtua siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pontianak tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai mata pelajaran Al-Qur’an Akhlak Tarikh, 5) Latar belakang pendidikan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai mata pelajaran Al-Qur’an Akhlak Tarikh, 6) Bimbingan orangtua dan latar belakang pendidikan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pontianak secara bersama- sama tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai mata pelajaran Al-Qur’an Akhlak Tarikh yakni sebesar 0,8%. en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Bimbingan Orang Tua en_US
dc.subject Mata Pelajaran Al-Qur’an Akhlak Tarikh id
dc.subject Latar Belakang Pendidikan Siswa id
dc.title PENGARUH BIMBINGAN ORANGTUA DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP NILAI MATA PELAJARAN AL-QUR’AN AKHLAK TARIKH PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account