Abstract:
NITA ANISA. Penerapan Media Alam Untuk Meningkatkan Motorik
Halus Anak Kelompok B3 di TK AL-Adabiy Pontianak. Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.2023.
Penelitian ini dilatar belakang oleh rendahnya motorik halus anak
usia dini. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkat
perkembangan motorik halus pada anak kelompok B3 di TK AL-Adabiy
Pontianak 2) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan media bahan
alam untuk meningkatkan motorik halus di TK AL-Adabiy Pontianak
3) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaa media bahan alam untuk
meningkatkan motorik halus terhadap perkembangan.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek
penelitian ini adalah: guru dan peserta didik kelompok B3 yang berjumlah 28
peserta didik di TK AL-Adabiy. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara
peneliti, guru dan kepala sekolah, teknik pengumpulan data menggunakan
observasi dan dokumentasi Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam 2
siklus. penelitian ini ada 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi atau pengamatan dan refleksi. Data dianalisis dalam pelaksanaan
penelitian tindakan kelas ada dua jenis yang digunakan yaitu data kualitatif
dan data kuantitatif, perbandingan tingkat pemahaman dan perlakuan yang
dicapai anak dengan indikator yang diterapkan.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat perkembangan motorik halus
pada anak dari hasil penelitian sudah ada peningkatan, hal ini terlihat pada
peserta didik selama kegiatan Pra siklus dengan nilai rata-rata persentase
28,57%, siklus l Dengan nilai rata-rata persentase 42,85%, siklus ll Dengan
nilai rata-rata persentase 78,57%. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil
siklus ll mengalami peningkatan yaitu 78,57% dibandingkan dari Pra siklus
yaitu 28,57% dan siklus l yaitu 42,85%. 2) Pelaksanaan penerapan media
bahan alam yaitu guru mengajak anak mengamati alat dan bahan yang
digunakan dan mengenalkan daun-daunan, guru menjelaskan langkah
langkah pembuatan kolase yaitu memberikan lem pada pola gambar
kemudian menempelkan daun pada pola gambar yang telah diberikan lem 3)
Pengaruh penggunaan media bahan alam dari hasil penelitian yaitu Pra siklus
anak mengalami kesulitan untuk menempelkan gambar dengan tepat dan
meminta bantuan guru. Siklus l anak mengeluh tidak mampu untuk
menempelkan daun dengan tepat dan meminta bantuan guru. Siklus ll siswa
cenderung lebih aktif, kreatif, dan percaya diri hal tersebut terlihat ketika
peserta didik berlomba menyelesaikan hasil karya, kreatif dalam menempel
pola gambar sudah menunjukkan peningkatan yang baik terbukti ketika
peserta didik mampu menempelkan sesuai pola gambar. Sehingga dapat di
simpulkan ada pengaruh penggunaan media bahan alam.