Penerapan Media Alam Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok B3 di TK AL-Adabiy Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.advisor Perdina, Siska
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author Anisa, Nita
dc.date.accessioned 2025-05-08T03:19:29Z
dc.date.available 2025-05-08T03:19:29Z
dc.date.issued 2024-01-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6325
dc.description.abstract NITA ANISA. Penerapan Media Alam Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok B3 di TK AL-Adabiy Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.2023. Penelitian ini dilatar belakang oleh rendahnya motorik halus anak usia dini. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkat perkembangan motorik halus pada anak kelompok B3 di TK AL-Adabiy Pontianak 2) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan media bahan alam untuk meningkatkan motorik halus di TK AL-Adabiy Pontianak 3) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaa media bahan alam untuk meningkatkan motorik halus terhadap perkembangan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah: guru dan peserta didik kelompok B3 yang berjumlah 28 peserta didik di TK AL-Adabiy. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam 2 siklus. penelitian ini ada 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Data dianalisis dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ada dua jenis yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif, perbandingan tingkat pemahaman dan perlakuan yang dicapai anak dengan indikator yang diterapkan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat perkembangan motorik halus pada anak dari hasil penelitian sudah ada peningkatan, hal ini terlihat pada peserta didik selama kegiatan Pra siklus dengan nilai rata-rata persentase 28,57%, siklus l Dengan nilai rata-rata persentase 42,85%, siklus ll Dengan nilai rata-rata persentase 78,57%. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil siklus ll mengalami peningkatan yaitu 78,57% dibandingkan dari Pra siklus yaitu 28,57% dan siklus l yaitu 42,85%. 2) Pelaksanaan penerapan media bahan alam yaitu guru mengajak anak mengamati alat dan bahan yang digunakan dan mengenalkan daun-daunan, guru menjelaskan langkah langkah pembuatan kolase yaitu memberikan lem pada pola gambar kemudian menempelkan daun pada pola gambar yang telah diberikan lem 3) Pengaruh penggunaan media bahan alam dari hasil penelitian yaitu Pra siklus anak mengalami kesulitan untuk menempelkan gambar dengan tepat dan meminta bantuan guru. Siklus l anak mengeluh tidak mampu untuk menempelkan daun dengan tepat dan meminta bantuan guru. Siklus ll siswa cenderung lebih aktif, kreatif, dan percaya diri hal tersebut terlihat ketika peserta didik berlomba menyelesaikan hasil karya, kreatif dalam menempel pola gambar sudah menunjukkan peningkatan yang baik terbukti ketika peserta didik mampu menempelkan sesuai pola gambar. Sehingga dapat di simpulkan ada pengaruh penggunaan media bahan alam. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media bahan alam en_US
dc.subject Motorik halus en_US
dc.title Penerapan Media Alam Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok B3 di TK AL-Adabiy Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account