PENGARUH PENGGUNAAN ICE BREAKING DIBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN DI MIS AL-IKHWAH PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Muthmainnah, Fitri
dc.contributor.author WIDIYASTUTI, WIDIYASTUTI
dc.date.accessioned 2025-05-08T02:42:22Z
dc.date.available 2025-05-08T02:42:22Z
dc.date.issued 2025-04-22
dc.identifier.citation Apa style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6321
dc.description.abstract WIDIYASTUTI, Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Dibantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Materi Siklus Hidup di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan: 1) hasil belajar peserta didik kelas kontrol berupa rata-rata posttest tanpa menggunakan Ice Breaking dibantu media Puzzle pada materi siklus hidup hewan. 2) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen berupa rata-rata posttest dengan menggunakan Ice Breaking dibantu media Puzzle pada materi siklus hidup hewan. 3) pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan Ice Breaking dibantu media Puzzle dengan kelas Kontrol tanpa menggunakan Ice Breaking dibantu media Puzzle pada peserta didik di kelas III materi siklus hidup hewan di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah Eksperimen dengan desain quasi eksperimental design berupa nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas dan sampel 2 kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan tes, dokumentasi dan observasi, alat pengumpulan data yaitu lembar soal, dokumen dan lembar observasi, Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Teknik analisis data kuantitatif inferensial. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol tanpa menggunakan Ice Breaking dibantu Media Puzzle menunjukkan rata-rata hasil post-test yaitu sebesar 68,08. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan menggunakan Ice Breaking dibantu Media Puzzle menunjukkan rata-rata hasil post-test yaitu sebesar 80,77. 3) Terdapat pengaruh sebesar 6,426 pada penggunaan Ice Breaking dibantu Media Puzzle terhadap hasil belajar peserta didik kelas III materi siklus hidup hewan di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Ice Breaking en_US
dc.subject Media Puzzle en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN ICE BREAKING DIBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN DI MIS AL-IKHWAH PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account