PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TIPE DAFTAR BAIK BURUK PADA PENDIDIKAN PANCASILA SEKOLAH DASAR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.author Putri, Dinda Sarono
dc.date.accessioned 2025-05-07T06:53:39Z
dc.date.available 2025-05-07T06:53:39Z
dc.date.issued 2025-04-14
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6318
dc.description.abstract DINDA SARONO PUTRI (12110049), Penguatan profil Pelajar Pancasila menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) tipe Daftar Baik Buruk pada Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mendeskripsikan penguatan profil pelajar Pancasila menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) tipe daftar baik buruk pada pendidikan Pancasila materi menaati aturan di sekolah kelas II sekolah dasar Negeri 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu guru kelas II B Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Timur. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru kelas II B di sekolah dasar negeri 03 Pontianak Timur sesuai dengan perencanaan pada model Value Clarification Technique (VCT) tipe daftar baik buruk yaitu terdapat modul ajar, penguatan profil pelajar pancasila, dan terdapat perencanaan dalam LKPD; 2) Pelaksanaan dengan menerapkan model Value Clarification Technique (VCT) tipe daftar baik buruk, guru di kelas II B sekolah dasar negeri 03 Pontianak Timur telah berhasil melaksanakan pembelajaan yang tidak hanya mengajarkan materi menaati aturan, tetapi juga membentuk karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila; 3) Evaluasi yang dilakukan sudah sesuai dengan model Value Clarification Technique (VCT) tipe daftar baik buruk, evaluasi tersebut juga terdapat aspek berupa penilaian afektif dan proses penilaian ini bentuk dari klarifikasi nilai perilaku yang sudah tertanam pada diri peserta didik. Dampak postitif penelitian ini yaitu dengan menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) tipe daftar baik buruk maka penguatan profil pelajar pancasila khususnya pada aspek gotong royong di kelas II B menjadi lebih baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Profil Pelajar Pancasila en_US
dc.subject Value Clarification Technique (VCT) en_US
dc.subject Daftar Baik Buruk. en_US
dc.title PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TIPE DAFTAR BAIK BURUK PADA PENDIDIKAN PANCASILA SEKOLAH DASAR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account