PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MATERI BAGIAN TUMBUHAN DI MIS AL-IKHWAH PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Putri, Yesi Yoanda
dc.date.accessioned 2025-05-07T01:51:56Z
dc.date.available 2025-05-07T01:51:56Z
dc.date.issued 2025-04-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6308
dc.description.abstract YESI YOANDA PUTRI, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Materi Bagian Tumbuhan di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Hasil belajar kelas kontrol tanpa menerapkan model pembelajaran inside outside circle pada materi bagian tumbuhan; (2) Hasil belajar kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran inside outside circle pada materi bagian tumbuhan; (3) Bagaimana pengaruh signifikan pada penerapan model pembelajaran inside outside circle terhadap hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen pada materi bagian tumbuhan di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design berupa nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu kelas IV A dan B dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling teknik sampel jenuh yang berjumlah 2 kelas yaitu kelas IV A dan B yang berjumlah 58 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran (tes) dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar soal dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat normalitas dan uji statistik non-parameterik. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol tanpa menerapkan model pembelajaran inside outside circle (IOC) pada materi bagian tumbuhan di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota tahun pelajaran 2024/2025 menunjukkan rata-rata hasil post-test yaitu sebesar 64,83; (2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen setelah menerapkan model pembelajaran inside outside circle (IOC) pada materi bagian tumbuhan di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota tahun pelajaran 2024/2025 mengalami peningkatan dengan menunjukkan rata-rata hasil post-test sebesar 86,21; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inside outside circle (IOC) terhadap hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen pada materi bagian tumbuhan di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model Pembelajaran Inside Outside Circle en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject IPA en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MATERI BAGIAN TUMBUHAN DI MIS AL-IKHWAH PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account