Abstract:
WIWID SITI HIDAYAH, Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik
dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Aqidah
Akhlak Kelas X di Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak Tahun pelajaran
2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama
Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan aktivitas belajar peserta didik
yang masih rendah dalam mengamati penjelasan guru, mengajukan pertanyaan,
memberikan tanggapan dan menjawab pertanyaan selama proses pembelajaran
berlangsung. Permasalahan lain yang ditemukan adalah kurangnya partisipasi aktif
perserta didik dalam proses pembelajaran, baik secara individu maupun kelompok.
Maka dari itu, peneliti menggunakan model Problem Based Learning untuk
meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di kelas. Dalam model pembelajaran
ini, peran peserta didik menjadi lebih bermakna, dapat meningkatkan aktivitas dan
mengembangkan kemampuan peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mendapatkan dan mendeskripsikan data tentang: 1) Aktivitas belajar peserta didik
sebelum menggunakan model Problem Based Learning. 2) Penggunaan model
Problem Based Learning. 3) Aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan
model Problem Based Learning.
Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
deskriptif. Sumber data utama yang digunakan yaitu guru Aqidah Akhlak dan
peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak. Untuk memperoleh
data aktivitas belajar peserta didik digunakan Teknik pengumpulan data yaitu
pengukuran dan dokumentasi. Dengan alat pengumpulan datanya berupa blanko
observasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
dengan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Aktivitas belajar peserta didik
sebelum menggunakan model PBL di kelas X Madrasah Aliyah Mujahidin yaitu
dengan rata-rata 60,63% yang berarti masuk dalam kategori cukup (C). 2)
Penggunaan model PBL pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelas X di Madrasah
Aliyah Mujahidin Pontianak termasuk dalam predikat “B” kategori baik dengan
persentase 80%, 8 dari 10 indikator terlaksana sesuai prosedur dan langkah
langkahnya sistematis, ini dibuktikan dengan blanko observasi penggunaan PBL.
3) Aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan model PBL pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata 70,51% dengan predikat “B” kategori tinggi, setelah
pemberian tindakan pada pengamatan siklus II diperoleh dengan nilai rata-rata
80,37% dengan predikat “B” kategori tinggi, ini berarti terjadi peningkatan aktivitas
belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II.