Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak Tahun pelajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.author Hidayah, Wiwid Siti
dc.date.accessioned 2025-04-30T08:31:41Z
dc.date.available 2025-04-30T08:31:41Z
dc.date.issued 2024-01-17
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6295
dc.description.abstract WIWID SITI HIDAYAH, Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak Tahun pelajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan aktivitas belajar peserta didik yang masih rendah dalam mengamati penjelasan guru, mengajukan pertanyaan, memberikan tanggapan dan menjawab pertanyaan selama proses pembelajaran berlangsung. Permasalahan lain yang ditemukan adalah kurangnya partisipasi aktif perserta didik dalam proses pembelajaran, baik secara individu maupun kelompok. Maka dari itu, peneliti menggunakan model Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di kelas. Dalam model pembelajaran ini, peran peserta didik menjadi lebih bermakna, dapat meningkatkan aktivitas dan mengembangkan kemampuan peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan dan mendeskripsikan data tentang: 1) Aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan model Problem Based Learning. 2) Penggunaan model Problem Based Learning. 3) Aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sumber data utama yang digunakan yaitu guru Aqidah Akhlak dan peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak. Untuk memperoleh data aktivitas belajar peserta didik digunakan Teknik pengumpulan data yaitu pengukuran dan dokumentasi. Dengan alat pengumpulan datanya berupa blanko observasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan model PBL di kelas X Madrasah Aliyah Mujahidin yaitu dengan rata-rata 60,63% yang berarti masuk dalam kategori cukup (C). 2) Penggunaan model PBL pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelas X di Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak termasuk dalam predikat “B” kategori baik dengan persentase 80%, 8 dari 10 indikator terlaksana sesuai prosedur dan langkah langkahnya sistematis, ini dibuktikan dengan blanko observasi penggunaan PBL. 3) Aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan model PBL pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 70,51% dengan predikat “B” kategori tinggi, setelah pemberian tindakan pada pengamatan siklus II diperoleh dengan nilai rata-rata 80,37% dengan predikat “B” kategori tinggi, ini berarti terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Aktivitas Belajar Peserta Didik en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak Tahun pelajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account