Abstract:
Artini, 1191034. Penggunaan media bahan alam dalam sub tema binatang
buas untuk meningkatkan motorik halus di RA Mas’udi Pontianak. Program Studi
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan
(FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan motorik halus
menggunakan media bahan alam yang harus dikembangkan pada setiap anak usia
dini. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan motorik halus anak
sebelum penggunaan media bahan alam, 2) untuk mendeskripsikan langkah
langkah penggunaan media bahan alam dalam sub tema binatang buas, 3) untuk
mendeskripsikan motorik halus anak setelah penggunaan media bahan alam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode
deskriptif. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru dan peserta
didik. Lokasi penelitiannya di RA Mas’udi Pontianak. Dalam teknik pengumpulan
datanya, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Kemudian setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data yakni dengan
metode reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan
(verifikasi data).
Berdasarkan hasil analisis data peneliti menyimpulkan: bahwa pelaksanaan
pembelajaran yaitu langkah-langkah penggunaan media bahan alam dalam sub
tema binatang buas untuk meningkatkan motorik halus di RA Mas’udi Pontianak,
dan secara khusus disimpulkan: 1) Penggunaan pembelajaran untuk meningkatkan
motorik halus dengan bahan alam adalah guru membuat perencanaan, guru
menyiapkan bahan alam seperti: lembar kerja, kapas, lem, daun kering, rumput, cat
air. Guru menyampaikan perintah umum kepada anak untuk melaksanakan proyek
belajar, pada kegiatan inti guru berfungsi sebagai fasilitator yang mendampingi
anak dalam kegiatan bermain dengan bahan alam agar anak dapat meningkatkan
motorik halus, 2) Guru menyediakan bahan alam untuk anak membuat karya apa
saja yang mereka mau, dan guru dalam kegiatan evaluasi memberi apresiasi dan
penilaian terhadapa hasil karya kreativ anak untuk meningkatkan motorik halus
anak, 3) guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan hasil
karyanya didepan kelas.