Penggunaan media bahan alam dalam sub tema binatang buas untuk meningkatkan motorik halus di RA Mas’udi Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.author Artini, Artini
dc.date.accessioned 2025-04-30T08:19:41Z
dc.date.available 2025-04-30T08:19:41Z
dc.date.issued 2023-12-29
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6293
dc.description.abstract Artini, 1191034. Penggunaan media bahan alam dalam sub tema binatang buas untuk meningkatkan motorik halus di RA Mas’udi Pontianak. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan motorik halus menggunakan media bahan alam yang harus dikembangkan pada setiap anak usia dini. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan motorik halus anak sebelum penggunaan media bahan alam, 2) untuk mendeskripsikan langkah langkah penggunaan media bahan alam dalam sub tema binatang buas, 3) untuk mendeskripsikan motorik halus anak setelah penggunaan media bahan alam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru dan peserta didik. Lokasi penelitiannya di RA Mas’udi Pontianak. Dalam teknik pengumpulan datanya, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data yakni dengan metode reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Berdasarkan hasil analisis data peneliti menyimpulkan: bahwa pelaksanaan pembelajaran yaitu langkah-langkah penggunaan media bahan alam dalam sub tema binatang buas untuk meningkatkan motorik halus di RA Mas’udi Pontianak, dan secara khusus disimpulkan: 1) Penggunaan pembelajaran untuk meningkatkan motorik halus dengan bahan alam adalah guru membuat perencanaan, guru menyiapkan bahan alam seperti: lembar kerja, kapas, lem, daun kering, rumput, cat air. Guru menyampaikan perintah umum kepada anak untuk melaksanakan proyek belajar, pada kegiatan inti guru berfungsi sebagai fasilitator yang mendampingi anak dalam kegiatan bermain dengan bahan alam agar anak dapat meningkatkan motorik halus, 2) Guru menyediakan bahan alam untuk anak membuat karya apa saja yang mereka mau, dan guru dalam kegiatan evaluasi memberi apresiasi dan penilaian terhadapa hasil karya kreativ anak untuk meningkatkan motorik halus anak, 3) guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan hasil karyanya didepan kelas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.subject Motorik Halus en_US
dc.subject Media Bahan Alam en_US
dc.title Penggunaan media bahan alam dalam sub tema binatang buas untuk meningkatkan motorik halus di RA Mas’udi Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account