Abstract:
MILA SARIANI, Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta
Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas VII F di SMP Negeri 6 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024:
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan
Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: (1) langkah-langkah
internal guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata
pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII F di SMP Negeri 6 Pontianak
Tahun Pelajaran 2023/2024 dan (2) langkah-langkah eksternal guru dalam
mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi
Pekerti kelas VII F di SMP Negeri 6 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis metode naratif.
Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru PAI dan Budi Pekerti
kelas VII F dan tujuh peserta didik kelas VII F. Sumber data sekunder
adalah dokumentasi hasil tahsin Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data yang
digunakan meliputi observasi partisipan, wawancara terstruktur dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan antara lain kondensasi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan
keabsahan data yang digunakan meliputi triangulasi data, member check,
dan perpanjang waktu penelitian.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya guru dalam
mengatasi kesulitan peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti
kelas VII F di SMP Negeri 6 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024 yaitu
(1) langkah-langkah internal ada enam; pengumpulan data, pengelolaan
data, diagnosis, prognosis, perlakuan, dan evaluasi, dan (2) langkah-langkah
eksternal ada dua yaitu variasi guru mengajar dan penggunaan media
pembelajaran.