Abstract:
AGUS RAHMAD MAULANA “Hubungan Sertifikasi Halal dan Preferensi
Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Ayam Potong Di Kota Pontianak”.
Produk bersertifikasi halal kini menjadi sebuah konsep dasar yang kian
diperhatikan,
khususnya konsumen muslim. Bagi konsumen muslim
mengkonsumsi produk halal merupakan sebuah kewajiban, kecenderungan tersebut
menjadi sebuah preferensi konsumen yang dilakukan oleh umat muslim untuk
mengeambil sebuah keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)
Mengetahui pengaruh sertifiaksi halal terhadap preferensi konumen; 2) Mengetahui
pengaruh sertifikasi halal terhadap keputusan pembelian; 3) Mengetahui pengaruh
preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian; 4) Mengetahui efek mediasi
preferensi konsumen yang memediasi sertifikasi halal terhadap keputusan
pembelian;
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian asosiatif, konsumen di pasar Flamboyan menjadi populasi pada
penelitian ini dan sampel yang di ambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu Strucral Equetion Modeling (SEM) berbasis Partial
Least Square (PLS) dengan menggunakan tools software Smart-PLS versi 3.0.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa sertifikasi halal mempengaruhi
preferensi konsumen dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Sertifikasi halal tidak
mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai signifikasi 0,72 > 0,05.
Preferensi konsumen mempengaruhi keputsan pembelian dengan nilai signifikasi
0,00 < 0,05. Efek mediasi preferensi konsumen mempengaruhi sertifikasi halal
terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikasi 0,01 < 0,05.