Abstract:
MEGA VERONIKA. 11714010. Pengembangan Media Pembelajaran
Bahasa Inggris Melalui Permainan Tradisional Tabak Pada Kelompok B di TK
Pembina Negeri Kecamatan Kubu. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak 2023/2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media
pembelajaran bahasa inggris melalui permainan tradisional tabak pada
kelompok B di TK Pembina Negeri Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya.
Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pembelajaran
bahasa inggris pada kelompok B di TK Pembina Negeri Kecamatan Kubu
Kabupaten Kubu Raya, 2) Penerapan permainan tabak pada kelompok B di TK
Pembina Negeri Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya, 3) Pengembangan
Media Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Permainan Tradisional Tabak
pada kelompok B di TK Pembina Negeri Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu
Raya.
Penelitian ini memusatkan perhatian pada penelaahan kondisi faktual
tentang pembelajaran bahasa inggris serta pelaksanaanya yang terjadi di
lingkungan sekolah pada saat penelitian dilaksanakan. Model pengembangan
yang dirancang pada penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D
yakni pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan
(development), dan penyebaran (dissemination).
Berdasarkan hasil penelitian perancangan media pembelajaran bahasa
Inggris dengan menggunakan permainan tradisional dirancang dengan
menggunakan aplikasi Canva dengan design yang manarik untuk anak lalu di
cetak menjadi gambar.poster. Validasi media pembelajaran bahasa Inggris
dengan menggunakan permainan tradisional tabak untuk meningkatkan
peguasaan kosa kata bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun dilihat dari segi
kelayakan media dan kelayakan isi yang persentase 86,25% kedalam kategori
sangat valid. Sedangkan praktikalitas media menggunakan dua aspek yakni
aspek materi dan aspek kelayakan media yang persentasenya 87,5% yang
memenuhi kriteria sangat praktis. Melalui penerapan media kedalam permainan
tardisional tabak pada pembelajaran bahasa inggris, anak-anak tampak senang
dan bersemangat dalam mengikuti proses belajar.