Abstract:
MAYA SARI, Meningkatkan Hasil Belajar PAI Dan Budi Pekerti Melalui Strategi
Everyone Is A Teacher Here Di Kelas IV SDN 52 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu
Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2023.
Latar belakang penelitin ini dilaksankan melihat rendahnya hasil belajar PAI dan
Budi Pekerti siswa yang terkadang disebabkan oleh penggunaan metode atau strategi
pembelajaran yang kurang menarik sehingga berdampak pada hasil belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau memaparkan: 1) Hasil
belajar siswa sebelum melakukan strategi Everyone Is A Teacher Here di kelas IV SDN
52 Pontianak 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam melakukan
strategi Everyone Is A Teacher Here di kelas IV SDN 52 Pontianak 3) Hasil belajar siswa
l sesudah melakukan strategi Everyone Is A Teacher Here di kelas IV SDN 52 Pontianak
4) Seberapa besar peningkatan setelah diterapkan Strategi Everyone Is A Teacher Here
di Kelas IV SDN 52 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari
empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap
refleksi dengan dua siklus. Data yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan
tes.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Hasil belajar siswa sebelum
diterapkan strategi Everyone Is A Teacher Here dengan keseluruhan peserta didik
berjumlah 26 orang, 24 siswa muslim 2 siswa non muslim dengan rata rata 68,91 dapat
dikatakan masih rendah. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti strategi
Everyone Is A Teacher Here pada siklus I kurang efektif sedangkan siklus II sudah
berjalan dengan baik dan siswa bias menyesuaikan langkah-langkah pembelajaran
dengan baik. 3) setelah diterapkan strategi Everyone Is A Teacher Here pada siklus I
keseluruhan jumlah skor rata-rata siswa sebesar 76,91 dengan kategori sedang,
Sedangkan pada siklus II dilaksanakan pada hari selasa, 13 juni 2023. Dengan jumlah
keseluruhan jumlah rata-rata 90,42 dikategorikan tinggi. 4) dari pra siklus dengan
keseluruhan skor rata-rata 68,91 dan siklus I keseluruhan jumlah rata-rata 79,16
kemudian dalam jarak siklus I ke siklus II meningkat dengan keseluruhan jumlah skor
rata-rata 90,42 kategori sangat tinggi (meningkat).