Abstract:
NANDA MAULIDIYA. 11901070. Implementasi Moderasi Beragama dalam
Proses Pembelajaran PAI Kelas VI di SD Negeri 56 Pontianak Barat. Skripsi:
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatar belakang bahwa SD Negeri 56 Pontianak Barat
merupakan sekolah umum yang bernaung di bawah Kemendikbud hanya saja visi
dari Kemenag tentang moderasi itu merambah kepada proses pembelajaran PAI di
sekolah yang diamanahkan untuk diterapkan. Namun fakta awalnya prinsip
moderasi belum terlaksana dengan optimal dari proses pembelajarannya.
Fokus dan pertanyaan penelitian ini ada tiga yaitu: 1) Bagaimana moderasi
beragama dalam perencanaan pembelajaran PAI kelas VI D di SD Negeri 56
Pontianak Barat. 2) Bagaimana moderasi beragama dalam pelaksanaan
pembelajaran PAI kelas VI D di SD Negeri 56 Pontianak Barat. 3) Bagaimana
moderasi beragama dalam evaluasi pembelajaran PAI kelas VI D di SD Negeri 56
Pontianak Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif.
Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Sumber data penelitian
terdiri dari sumber data primer yaitu guru dan siswa kelas VI D. Sumber data
sekunder Waka Kurikulum SD Negeri 56 Pontianak Barat. Teknik pengumpulan
data yaitu dengan memanfaatkan teknik observasi non partisipan, wawancara
tidak terstruktur serta studi dokumentasi. Untuk teknik analisis datanya melalui
proses reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Sedangkan teknik
pemeriksaan keabsahan data peneliti memanfaatkan triangulasi dan member
check.
Hasil dari penelitian implementasi moderasi beragama dalam proses
pembelajaran PAI kelas VI D di SD Negeri 56 Pontianak Barat telas disisipkan
dalam tiga tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap
perencanaan sudah tersisipkan dan bisa dilihat pada silabus yaitu pada kompetensi
inti dan kompetensi dasar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yaitu pada
indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
materi dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan dilakukan dengan mengoptimalkan
pendekatan-pendekatan yaitu memanfaatkan metode ceramah dan diskusi hal ini
bertujuan membangkitkan sikap moderasi beragama kepada siswa. Pada tahap
evaluasi guru melaksanakan refleksi menyentuh pembelajaran yang telah
dilaksanakan dalam proses pembelajaran yaitu pada aspek afektif, kognitif dan
psikomotorik.